5.500 peserta UTBC memperebutkan 1.200 kursi maba UPNVY

id upnvy,utbc,maba

5.500 peserta UTBC memperebutkan 1.200 kursi maba UPNVY

Para peserta Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) (HO-Humas UPNVY)

Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak 5.500 peserta Seleksi Mandiri jalur penerimaan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) memperebutkan sekitar 1.200 kursi mahasiswa baru (maba) dari 21 program studi di UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY).

"Mereka mengikuti ujian yang berlangsung di tiga kota pada Minggu, 30 Agustus 2020," kata Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UPNVY Hendro Wijanarko.

Menurut dia, UPNVY pada tahun ini menggelar UTBC di tiga kota, yakni Yogyakarta, Purwokerto, dan Semarang. UPNVY membagi lokasi UTBC menjadi tiga kota agar peserta tidak terpusat di Yogyakarta.

"UTBC kali ini menggunakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat," kata Hendro.

Ia menjelaskan panitia menggunakan ruang-ruang kelas dengan memperhatikan jarak aman sesuai aturan "physical distancing". Ruang kelas berkapasitas 40-50 orang hanya diisi 16 peserta ujian dan 2 pengawas.

"Ruangan dan fasilitas dilakukan penyemprotan cairan disinfektan terlebih dahulu sebelum dan sesudah digunakan," katanya.

Menurut dia, para peserta UTBC sebelum masuk ke area kampus diwajibkan melakukan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 berupa pengecekan suhu badan dengan thermo gun di area pintu gerbang, kemudian melanjutkan ke lokasi ruang ujian dengan menjaga jarak aman.

"Para peserta diwajibkan mencuci tangan sebelum memasuki ruangan, mengenakan masker, face shield, dan 'hand scoen' (sarung tangan)," kata Hendro.

Dengan adanya pandemi COVID-19, kata dia, UTBC tahun 2020 hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS). TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

"Selain UTBC, pada Seleksi Mandiri tahun 2020 UPNVY juga menyelenggarakan seleksi berdasarkan nilai UTBK-SBMPTN. Hasil seleksi nilai UTBK dan UTBC akan diumumkan pada 8 September 2020 di laman http://pmb.upnyk.ac.id," kata Hendro.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024