Bupati Sleman meresmikan infrastruktur program PISEW Kementerian PUPR

id Bupati Sleman,Insfratruktur PUPR,Kabupaten Sleman,Sleman

Bupati Sleman meresmikan infrastruktur program PISEW Kementerian PUPR

Bupati Sleman Sri Purnomo meresmikan sejumlah infrastruktur program PISEW 2020 Kementerian PUPR di Kapenawon Ngaglik. ANTARA/ HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo meresmikan Program Pembangunan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) 2020 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Kapenawon (Kecamatan) Ngaglik, Rabu.

Peresmian yang dipusatkan di Mudal, Sariharjo, Ngaglik tersebut meliputi tiga infrastruktur yaitu satu unit pendopo penunjang pariwisata seni dan budaya Desa Sariharjo, satu unit pendopo penunjang pariwisata Embung Jetis Suruh Desa Donoharjo dan satu unit los kuliner wisata Watu Ledek Desa Sardonoharjo.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) DIY Tri Rahayu menjelaskan bahwa program PISEW merupakan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Pelaksanaan program PISEW ini dilaksanakan oleh Badan Kerja sama Antar Desa (BKAD) di masing-masing kapanewon dengan anggaran masing-masing Rp600 juta, termasuk biaya operasional BKAD sebesar maksimal Rp10 juta," katanya.


Menurut dia, program di Kapanewon Ngaglik digunakan sesuai dengan usulan masyarakat dalam RPJMDes. Kegiatan fisik yang dilaksanakan sesuai dengan Kontrak Perjanjian Kerja sama (PKS) tanggal 8 Juni 2020 dalam waktu 90 hari kerja dimulai 22 Juni hingga 19 September 2020.

"Program PISEW merupakan bagian dari Padat Karya Tunai yang bertujuan untuk mendistribusikan dana pembangunan ke desa. Dengan dana sebesar Rp540 miliar di seluruh Indonesia diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat kecil yang terdampak COVID-19 dengan ikut bekerja dan mendapat upah di program ini," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo menyambut baik PISEW 2020, dan bantuan ini dapat dirawat dan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengangkat perekonomian masyarakat sekitar.

"Kami harap bantuan infrastruktur ini dapat dirawat sebaik mungkin jangan sampai mangkrak. Masyarakat bisa menggunakannya untuk pengembangan wisata, budaya dan mengangkat potensi lokal yang ada," katanya.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024