Bupati sebut Pasar Lebaran Sleman jaga keberlangsungan UMKM di masa pandemi

id Pasar lebaran Sleman ,Bupati Sleman Kustini ,Dinkop UKM Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Bupati sebut Pasar Lebaran Sleman jaga keberlangsungan UMKM di masa pandemi

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo (kanan) didampingi Kepala Dinkop UKM Sleman Pustopo (tengah) meninjau salah satu stan pada Pasar Lebaran Sleman 2021. Foto Antara/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo menyatakan penyelenggaraan Pasar Lebaran Sleman 2021 untuk menjaga keberlangsungan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada masa pandemi COVID-19.

"Pasar Lebaran ini sebagai upaya meningkatkan penjualan produk sekaligus sebagai ajang pembinaan dan pendampingan bagi pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sleman," kata Kustini Sri Purnomo saat membuka Pasar Lebaran Sleman 2021 di Area Garden Sleman City Hall, Kamis.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri Pemkab Sleman mengadakan kegiatan Pasar Lebaran, dengan tema "Ayo Borong Bareng Produk UMKM Sleman".

Pasar Lebaran tersebut diselenggarakan selama empat hari dari Kamis, 29 April, sampai dengan Minggu  2 Mei 2021, bertempat di Area Garden Sleman City Hall.

Bupati Sleman berharap kegiatan ini dapat membantu UMKM dalam memasarkan produknya mengingat selama pandemi COVID-19 banyak UMKM yang mengalami kelesuan pemasaran.

"Selama pandemi, mayoritas UMKM mengalami penurunan omzet. Pasar Lebaran ini sekaligus menyediakan kebutuhan lebaran bagi masyarakat khususnya warga Sleman," katanya.

Ia mengatakan, salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam masa pandemi ini yaitu dengan meningkatkan promosi baik secara offline maupun online. Dengan keterbatasan pertemuan antarmanusia sebagai dampak pandemi COVID-19, harus ada backup melalui promosi digital.

"Dalam hal ini Pemkab Sleman telah menjalin kerja sama pemasaran digital dengan start up seperti Gojek dan Grab. Harapannya tentu akan mendorong kemudahan bagi konsumen untuk membeli produk Sleman," katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman Pustopo menegaskan bahwa penyelenggaraan pameran Pasar Lebaran tersebut sudah memenuhi protokol kesehatan dan mengikuti anjuran dari Satgas COVID-19 Kabupaten Sleman, yakni dilaksanakan di tempat terbuka.

"Maka pameran ini dilaksanakan di pusat perbelanjaan yang cukup memadai fasilitasnya," katanya.

Ia mengatakan kegiatan Pasar Lebaran Sleman 2021 ini diikuti kurang lebih 141 UMKM.

Kegiatan pasar lebaran kabupaten Sleman tahun 2021 juga memiliki rangkaian kegiatan diantaranya Bazar, Fashion and Craft, flora, lomba, kelas merawat anggrek, talk show, live music, dan sembako murah bagi masyarakat.

"Peserta Pasar Lebaran Sleman 2021 adalah pelaku UMKM binaan Pemerintah Kabupaten Sleman yang tergabung dalam forum komunikasi (Forkom), UMKM 17 kecamatan se-Kabupaten Sleman, Hippi, dan komunitas perupa Sleman dengan jumlah stan sebanyak 100 buah," katanya.
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar