Hujan lebat di beberapa provinsi Indonesia

id prakiraan cuaca,bmkg,hujan lebat,petir

Hujan lebat di beberapa provinsi Indonesia

Awan gelap menyelimuti sebagaian besar kawasan Losari, Makassar, Kamis (11/11). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memperkirakan, hujan disertai angin kencang dan petir akan melanda sebagian besar wilayah Sulawesi Selatan akan terjadi pada siang atau sore hari berlangsung singkat, namun intensitas hujan yang turun cukup deras. FOTO ANTA/Sahrul Manda Tikupadang/ss/nz/10 (ANTARA/SAHRUL MANDA TIKUPADANG)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprakirakan hujan lebat disertai angin kencang dan kilat berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia seperti di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Dalam peringatan dini cuaca yang dikutip dari laman BMKG di Jakarta, Kamis disebutkan, prakiraan hujan lebat disertai angin dan petir berpotensi terjadi Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung.

Provinsi lain yang berpotensi mengalami hal serupa adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sementara hujan dengan intensitas lebih ringan dapat terjadi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi dan Kalimantan Selatan.

BMKG juga memprakirakan potensi angin kencang dapat terjadi di wilayah di Aceh, Bali dan Nusa Tenggara Timur.

Terkait potensi hujan tersebut, BMKG memperingatkan beberapa daerah masuk dalam kategori waspada banjir pada hari ini seperti Bengkulu, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Wilayah lain yang masuk kategori waspada banjir yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Potensi hujan di beberapa wilayah itu sendiri disebabkan adanya faktor sirkulasi siklonik yang membentuk daerah pertemuan kecepatan angin atau konvergensi di beberapa titik seperti memanjang di Aceh dan perairan barat Lampung dan di Jawa Tengah.

Situasi yang sama terpantau juga di perairan selatan Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, dari Sulawesi Tenggara hingga Selat Makassar, di perairan selatan NTT, di Maluku, di Papua Barat dan Papua.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021