Pemkab Bantul targetkan vaksinasi COVID-19 capai 90 persen pada akhir Oktober

id Vaksinasi COVID-19,kabupaten bantul

Pemkab Bantul targetkan vaksinasi COVID-19 capai 90 persen pada akhir Oktober

Vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat di Kabupaten Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan cakupan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat daerah itu sebesar 90 persen dari total sasaran sekitar 830 ribu jiwa pada akhir Oktober.

"Awal pekan ini capaian vaksinasi kita sudah 76 persen, kita menargetkan akhir Oktober bisa 90 persen," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, Jumat.

Oleh karena itu, pemkab bersinergi dengan jajaran TNI dan Polri serta elemen terkait terus melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat, sebagai upaya mendukung segera terbentuknya kekebalan komunal.



Apalagi, kata Bupati, capaian vaksinasi COVID-19 juga menjadi salah satu persyaratan untuk bisa turun level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Per 19 Oktober, Bantul sudah menerapkan PPKM level 2 setelah sebelumnya pada level 3.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita berusaha untuk menurunkan level lagi menjadi level 1, harapannya sebelum akhir tahun, bahkan tidak lama kita akan mencapai level 1," katanya.

Meski demikian, Bupati tetap mengingatkan masyarakat untuk taat protokol kesehatan pencegahan COVID-19 meski status PPKM sudah turun dari 3 ke level 2, dan tidak lama lagi diupayakan akan kembali turun level.

"Saat ini kita berada pada PPKM Level 2, dimana kelonggaran-kelonggaran dalam beraktivitas mulai diperbolehkan, namun demikian protokol kesehatan harus terus kita terapkan," katanya.

Menurut dia, dengan tetap menjalankan disiplin protokol kesehatan dalam setiap beraktivitas, penularan COVID-19 di lingkungan masyarakat dapat semakin ditekan, dan tidak terjadi peningkatan kasus, karena pandemi masih belum berakhir.



"Masyarakat agar tidak menyambut penurunan level PPKM ini dengan euforia yang berlebihan, tetap waspada karena COVID-19 masih ada," kata Bupati.

Berdasarkan Data Satgas Penanggulangan COVID-19 Bantul, total kasus positif per Kamis (21/10) sebanyak 56.903 orang, dengan angka kesembuhan 55.235 orang, sementara kasus meninggal 1.564 orang, sehingga pasien yang masih isolasi tinggal 104 orang.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024