Belanda tawarkan perdagangan untuk Medan

id Kedubes Belanda,Tawarkan kerja sama,Kota Medan

Belanda tawarkan perdagangan untuk Medan

Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman (kiri) ketika menerima audiensi Head of The Economic Departemen Kedutaan Belanda Hans de Brabander. (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Medan (ANTARA) - Kedutaan Besar (Kedubes) Belanda di Jakarta menawarkan kerja sama perdagangan antara negara kincir angin itu dengan Kota Medan sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

"Kami melihat banyak potensi kerja sama ekonomi perdagangan yang bisa dibangun Belanda dan Kota Medan," terang Head of The Economic Departemen Kedutaan Belanda, Hans de Brabander di Medan, Selasa.

Hal itu disampaikannya ketika beraudiensi dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution yang diwakili Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman di Ruang Khusus Wali Kota Medan.

Karena potensi itu, Hans mengaku, pihaknya akan melakukan misi ekonomi perdagangan fokus di bidang pertanian, perairan perkotaan, pengolahan limbah dan listrik.

"Di samping itu, kami juga bekerja sama dengan salah satu lembaga yang mendukung UKM di dunia. Lembaga ini bisa diajak mendukung keberadaan UKM dan UMKM di Kota Medan," kata Hans de Brabander.

Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman, mengaku secara ekonomi Kota Medan merupakan pusat industri dan perdagangan yang didukung sarana dan prasarana, termasuk pelabuhan di Belawan.

Ia melanjutkan, daerah ini merupakan hilir dari sektor ekonomi akibat lebih banyak dilakukan proses maupun perdagangan produk dari hasil pertanian.

Pemkot Medan juga memiliki komitmen untuk mengembangkan pelaku UMKM lokal yang hingga kini lebih 2.000 UMKM telah diverifikasi.

"Ada lebih dari 2.000 UMKM terverifikasi. Semua ini akan dibina agar bisa berkembang dan naik kelas," ucap Sekda Wiriya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021