Bawaslu Gunungkidul deklarasi "Pemilu Damai, Wujudkan Pemilu Aman dan Berintegritas"

id Deklarasi Pemilu damai ,Bawaslu Gunungkidul ,Gunungkidul ,Pemilu 2024

Bawaslu Gunungkidul deklarasi "Pemilu Damai, Wujudkan Pemilu Aman dan Berintegritas"

Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto menandatangani pakta integritas mewujudkan Pemilu 2024 damai. ANTARA/HO-Dokumen Humas Pemkab Gunungkidul.

Gunungkidul (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan deklarasi "Pemilu Damai, Wujudkan Pemilu Aman, Damai, dan Berintegritas" untuk Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Gunungkidul Tri Asmiyanto di Gunungkidul, Minggu, mengatakan pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu sebentar lagi akan dimulai, perlu adanya kesiapan dari seluruh pihak-pihak penyelenggara.

"Untuk menunjukkan kesiapan Kabupaten Gunungkidul hingga tingkat desa dalam penyelenggaraan pemilu, Bawaslu menggelar kegiatan 'Deklarasi Pemilu Damai mewujudkan Pemilu 2024 di Kabupaten Gunungkidul yang Aman, Damai, dan Berintegritas'," kata Tri Asmiyanto.

Ia mengatakan deklarasi ini menjadi sebuah momentum untuk bersinergi dengan seluruh pihak untuk mensukseskan pemilu yang aman, damai, dan berintegritas.

"Bukan hanya dimaknai sebagai tugas dan wewenang, namun juga dapat mentransformasikan bahwa pemilu adalah milik bersama dan menjadi kesadaran bersama bahwa pengawasan pemilu adalah tugas kita semua," kata Tri.

Ia juga berharap dengan deklarasi ini dapat membangun spirit lokal dan nasional dalam nasional demokrasi yang ke depan akan melaksanakan Pemilu 2024.

"Kami berharap deklarasi ini mampu mendobrak semangat untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Sinergi dan kolaborasi ini kita kuatkan, bahwa Pemilu 2024 di Kabupaten Gunungkidul akan berjalan aman dan damai," kata Heri.

Ia juga berharap diselenggarakannya pemilu dengan aman dan damai masyarakat dapat memilih pemimpin-pemimpin untuk lima tahun ke depan yang amanah.

"Pemilu aman dan damai, dan dapat melahirkan pemimpin yang amanah," katanya.

Ketua Bawaslu DIY Sutrisnowati mengatakan sampai saat ini, tahapan pemilu sudah sampai pada tahap pencalonan.

"Pemilu adalah hajat bersama, tentu menjadi tanggung jawab bersama untuk mensukseskan penyelenggaraan yang penuh integritas," katanya.

Ia juga menambahkan kegiatan deklarasi seperti ini menjadi bagian dari mitigasi bahwa masyarakat juga turut serta dalam pengawasan, untuk mewujudkan penyelenggaraannya sesuai dengan azasnya.

"Kami minta mitigasi khusus dalam pengawasan untuk mewujudkan pemilu yang aman dan damai," katanya.