Aplikasi pembelajaran huruf hijaiya sistem AI dikembangkan ITS

id ITS,aplikasi pembelajaran Huruf Hijaiyah,huruf hijaiyah,kampus surabaya

Aplikasi pembelajaran huruf hijaiya sistem AI dikembangkan ITS

Dr. Eng. Nanik Suciati saat mempraktikkan menggunakan aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah yang dikembangkan ITS. ANTARA/HO-Humas ITS

Surabaya (ANTARA) - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melalui Program Studi Rekayasa Kecerdasan Artifisial (RKA) mengembangkan aplikasi Belajar Huruf Hijaiyah bersistem Artificial Intelligence (AI) dengan gawai.

Dosen Departemen Teknik Informatika ITS Dr. Eng. Nanik Suciati di Surabaya, Selasa, mengatakan pengembangan aplikasi ini bermula dari hasil Tugas Akhir (TA) mahasiswa bimbingannya yakni Irman Kurniawan.

Hasil TA yang berjudul Aplikasi Belajar Huruf Hijaiyah menggunakan Pengenalan Tulisan Tangan Berbasis Convolutional Neural Network (CNN) juga menjadi penelitian dan pengembangan lebih lanjut di Program Studi (Prodi) RKA ini.

"TA ini dipilih karena cocok menggambarkan karya Prodi RKA," ujar Nanik.

Kepala Laboratorium Komputasi Cerdas dan Visi ITS itu menjelaskan aplikasi tersebut cocok digunakan oleh semua umur. Hal ini didukung metode pembelajaran yang simpel dan mudah dipahami, sehingga anak dengan mudah mengenali huruf Arab sebelum mengaji.

"Di dalam aplikasi pun terbilang lengkap dengan 30 huruf hijaiyah yang dapat dipelajari pengguna," ujarnya.

Pada aplikasi ini pengguna dapat memainkan dua modul pembelajaran. Modul pertama adalah latihan di mana para pengguna diajarkan cara menuliskan huruf hijaiyah sesuai urutan goresan dalam menulis masing-masing huruf hijaiyah.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ITS kembangkan aplikasi pembelajaran huruf hijaiyah bersistem AI