SNBP PTN 2024 belum afirmasi pelajar disabilitas Indonesia

id Komisi Nasional Disabilitas ,Snbpt 2024,Siswa disabilitas

SNBP PTN 2024 belum afirmasi pelajar disabilitas Indonesia

Siswa disabilitas mengikuti lomba balap kursi roda pada ajang Festival Olahraga Disabilitas di SLBN A Citeureup, Cimahi, Jawa Barat, Kamis (29/2/2024).  (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/Spt)

Jakarta (ANTARA) -
Komisi Nasional Disabilitas (KND) menyayangkan proses Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2024 untuk perguruan tinggi negeri (PTN) vokasi belum sepenuhnya mengafirmasi kebutuhan para siswa dengan disabilitas.
 
Komisioner Komisi Nasional Disabilitas Rachmita Maun Harahap mengatakan pihaknya sudah melakukan advokasi hingga penandatangan MOU dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), namun begitu implementasinya belum dilakukan secara optimal.
 
“Kalau tahun sebelumnya ada kategori untuk disabilitas diterima di program tinggi melalui jalur prestasi, tapi kalau sekarang itu tidak muncul. Saya melihat panitia dari SNBP yang sekarang tidak menyediakan dan menjelaskan secara spesifik jalur atau kuota khusus untuk disabilitas yang mengikuti seleksi tersebut padahal waktu itu kami sudah advokasi dan MOU juga sama Kemendikbudristek,” kata Rachmita di Jakarta pada Kamis.
 
Ia menerangkan pihaknya sudah lebih dulu meminta Kemendikbudristek untuk menghimbau tiap perguruan tinggi agar memberikan tiket afirmasi sedikitnya bagi tiga orang siswa disabilitas untuk diterima di perguruan tinggi.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KND sayangkan SNBP PTN 2024 belum mengafirmasi siswa disabilitas 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024