Bupati Bantul dorong pengembangan kawasan wisata Pajangan

id bupati bantul

Bupati Bantul dorong pengembangan kawasan wisata Pajangan

Bupati Bantul Sri Suryawidati (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (Antara Jogja) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Surya Widati mendorong pengembangan kawasan wisata di wilayah Kecamatan Pajangan, sebagai bagian dari upaya pengentasan warga miskin di daerah tersebut.

"Pajangan kaya objek wisata alami, wisata kuliner dan kegiatan lain yang memiliki daya tarik, makanya kami apresiasi camat dan warga Pajangan yang telah berbuat terbaik untuk Kecamatan Pajangan," kata Sri Surya Widati di sela peresmian Objek Wisata Sendang Ngembel di Desa Sendangsari Pajangan, Minggu.

Menurut dia, Sendang Ngembel merupakan kawasan wisata dengan pemandangan alam bernuansa pedesaan. Kawasan ini dikembangkan oleh masyarakat setempat melalui Program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI) tahun 2014.

"Dengan wilayah di sekitar kawasan wisata yang terlihat indah dan tertata rapi serta bersih, saya kira wisatawan akan kembali lagi ketika mereka pernah merasakan nyaman saat berkunjung ke sebuah objek wisata, harapannya juga demikian dengan di sini," katanya.

Bupati berharap Camat Pajangan dan jajarannya dapat memprioritaskan perluasan akses jalan menuju Kawasan Wisata Sendang Ngembel termasuk ke beberapa kawasan wisata di Pajangan lainnya untuk memperlancar arus kunjungan wisatawan.

"Untuk akses jalan itu mestinya bisa diprioritaskan, kalau memang jalan masih kurang lebar mungkin ada tanah warga yang harus dibebaskan atau direlakan untuk kepentingan bersama, namun kalau urusan aspal serahkan pemda, nanti mereka yang akan mengaspal," katanya.

Bupati mengatakan Kecamatan Pajangan juga menerima dana dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Perdesaan sebesar Rp3 miliar, kemudian program MP3KI sebesar Rp6,6 miliar, sehingga totalnya hampir Rp10 miliar.

Oleh sebab itu, kata dia, diharapkan pihak kecamatan dapat memanfaatkan dana tersebut untuk berbagai kepentingan yang menyentuh masyarakat dengan sebaik-baiknya sehingga tepat sasaran, salah satunya dalam pengentasan kemiskinan.

"Saya kira ini perlu dikawal kita semua, termasuk masyarakat. Kami pesan kepada camat agar hati-hati, cermat, teliti dalam memanfaatkan dana, tapi saya yakin dengan dukungan seluruh jajaran, impian masyarakat bisa terwujud," katanya.
KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024