Bantul berlakukan tiket terusan masuk wisata pantai

id pantai bantul

Bantul berlakukan tiket terusan masuk wisata pantai

Pantai Parangtritis (Foto Antara/Andreas Fitri Atmoko/15)

Bantul, (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberlakukan tiket terusan masuk beberapa objek wisata pantai selatan untuk wisatawan yang berkunjung dan menikmati liburan ke wilayah setempat.

"Sekarang ini (wisatawan) beli satu karcis sudah dapat masuk lima objek wisata pantai Bantul mulai dari Pantai Samas ke barat sampai Pantai Pandansimo," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul Bambang Legowo di Bantul, Jumat.

Menurut dia, pemberlakukan satu tiket gabungan untuk masuk beberapa objek wisata pantai itu menyusul dibukanya akses jalur jalan lintas selatan (JJLS) di sebelah selatan tempat pemungutan retribusi (TPR) lima objek wisata itu sejak setahun terakhir.

Lima objek wisata pantai itu, antara lain Pantai Samas, Pantau Gua Cemara, Pantai Kuwaru, Pantai Pandansimo, dan Pantai Baru karena objek wisata itu tidak jauh dan mudah dijangkau wisatawan ketika sudah memasuki JJLS setelah masuk melalui TPR.

"Wisatawan bisa masuk melalui TPR mana saja untuk menikmati pemandangan misalnya Samas, Gua Cemara dan Pandansimo, harga tiket per pengunjung sebesar Rp3.000 itu bisa masuk ke beberapa pantai, bahkan sudah dapat asuransi," katanya.

Menurut dia, sejak dibukanya JJLS setahun terakhir memang mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke objek wisata pantai sisi barat Bantul itu, meskipun mayoritas wisatawan masuk objek wisata melalui TPR Pantai Samas dan Baru.

"Sejak ada JJLS itu pendapatan retribusi dari penjualan karcis terutama di TPR Samas menunjukkan peningkatan, sebab secara umum wisatawan masuk melalui TPR itu, namun mayoritas masuk ke objek wisata Gua Cemara dan Pantai Baru," katanya.

Sementara itu, Bambang mengatakan, tiket gabungan untuk masuk lebih dari objek wisata sebelumnya sudah diterapkan untuk Pantai Parangtritis dan Depok karena lokasinya bersebelahan, yang karcis masuk bisa dibeli melalui masing-masing TPR.

Namun demikian, kata dia, harga tiket yang dijual untuk wisatawan Pantai Parangtritis-Depok yakni sebesar Rp5.000 per pengunjung sudah termasuk asuransi, tiket masuk ke dua objek wisata ini lebih tinggi karena dari segi sarana dan fasilitas lebih lengkap.***1***

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024