KPU Bantul mulai persiapkan logistik pilkada

id KPU bantul

KPU Bantul mulai persiapkan logistik pilkada

Kantor KPU Kabupaten Bantul (Foto jogja.antaranews.com)

Bantul, (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai mempersiapkan logistik pemilihan kepala daerah berupa pengepakan dan "setting" surat suara ke dalam kotak suara.

"Ada tiga kategori logistik yang dimasukkan dalam kotak suara yakni, surat suara, alat kelengkapan tempat pemungutan suara (TPS), dan formulir rekapitulasi penghitungan surat suara," kata Komisioner KPU Bantul, Didik Joko Nugroho di Bantul, Senin.

Menurut Komisioner dari Divisi Logistik dan Keuangan tersebut, setting surat suara dalam Pilkada Bantul direncanakan akan selesai selama empat hari, mulai Senin (30/11) hingga Rabu (3/12).

"Untuk surat suara kami setting sesuai dengan jumlah DPT (daftar pemilih tetap) ditambah 2,5 persen, di masing-masing TPS kami kemas dalam sampul, kemudian alat kelengkapan seperti alat coblos, tinta dan alat tulis," kata Didik.

Sedangkan logistik yang dipersiapkan terakhir adalah formulir-formulir yang digunakan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) untuk penghitungan suara.

Didik mengatakan, untuk proses pengepakan dan setting surat suara, pihaknya melibatkan anggota panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa dan anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK).

"Ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan hitung ataupun kekurangan kebutuhan surat suara pada saat proses setting surat suara ke kotak," katanya.

Menurut dia, adapun jumlah kebutuhan kotak suara dalam pelaksanaan pemungutan suara Pilkada 9 Desember 2015 disesuaikan dengan jumlah TPS yakni sebanyak 1.768 kotak suara.

Sementara itu, menurut dia, setelah proses setting surat suara ke dalam kotak suara selesai, selanjutnya seluruh logistik Pilkada akan didistribusikan ke masing-masing PPS pada 7-8 Desember mendatang.***2***

(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024