KSAU: AAU harus patuhi ketentuan dalam PT

id AAU Yogyakarta harus

KSAU: AAU harus patuhi ketentuan dalam PT

Gerbang Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta (archive.kaskus.co.id)

Jogja (Antara Jogja) - Akademi Angkatan Udara sebagai lembaga pendidikan militer harus mematuhi ketentuan yang berlaku dalam pendidikan tinggi, seperti akreditasi program studi dan institusi, kata Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia.

"Hal itu merupakan konsekuensi logis karena Akademi Angkatan Udara (AAU) telah menjadi salah satu lembaga pendidikan tinggi di lingkungan pendidikan nasional," katanya dalam sambutan yang dibacakan Gubernur AAU Marsekal Muda (Marsda) TNI Tabir Santoso di Lapangan Dirgantara AAU Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-48 AAU, dalam penyelenggaraan pendidikan, AAU juga harus memperhatikan asas, fungsi, tujuan, prinsip, dan tanggung jawab sebagai perguruan tinggi sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

"Sebagai lembaga pendidikan militer dan lembaga pendidikan tinggi, AAU harus mampu meningkatkan profesionalitas sumber daya manusia yang diselaraskan dengan program modernisasi alat utama senjata (alutsista) melalui `transfer of technology` dan `transfer of knowledge`," katanya.

Ia mengatakan AAU harus melakukan pengembangan program studi dengan mengacu pada pembangunan struktur dan postur pertahanan negara untuk menghadapi perkembangan lingkungan global. Pembangunan struktur dan postur pertahanan negara tersebut diarahkan untuk mewujudkan "deterrence effect" yang memadai.

"AAU harus semakin menguatkan perannya dalam menyiapkan kader-kader calon pemimpin dan pengawak TNI AU di masa depan. Lulusannya harus mempunyai integritas, mampu beradaptasi dengan cepat, siap mengantisipasi tantangan yang ada, dan mahir dalam pengambilan keputusan untuk mengambil solusi terbaik untuk menghadapi berbagai tantangan tugas," katanya.

Pada kesempatan itu Gubernur AAU didampingi istri Ny Netty Tabri Santoso menyerahkan hadiah kepada para pemenang pertandingan dan perlombaan yang telah dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Ke-48 AAU.

Serangkaian kegiatan telah dilaksanakan AAU dalam memperingati HUT Ke-48, di antaranya donor darah, ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Yogyakarta, perlombaan kebersihan, pertandingan antarsatuan kerja, gerak jalan santai, dan memancing ikan bersama.

(B015)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024