Bantul upayakan semua SMP siap UNBK 2018

id UNBK

Bantul upayakan semua SMP siap UNBK 2018

Ilustrasi, simulasi ujian berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP, ( ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/pd/17)

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengupayakan semua sekolah menengah pertama di daerah ini siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018.

"Untuk UNBK, kelihatannya SMP kita siap semua untuk yang negeri, yang SMP swasta memang ada beberapa yang belum, tetapi nanti bisa menginduk, jadi semuanya tidak ada masalah," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Bantul Didik Warsito di Bantul, Kamis.

Menurut dia, semua SMP negeri se-Bantul sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana UNBK, seperti komputer yang jumlahnya memenuhi syarat dari jumlah seluruh siswa, sehingga bisa menyelenggarakan UNBK di sekolah masing-masing.

Ia mengatakan bahwa SMP swasta yang beberapa masih belum bisa melaksanakan UNKB sendiri itu karena jumlah komputer belum mencukupi. Meski begitu, siswanya bisa memakai sarana dan prasarana di sekolah lain yang fasilitasnya memadai.

"Kami telah memberikan 20 paket komputer masing-masing berisi 20 unit ke sekolah-sekolah. Insyaallah semua bias, terutama yang negeri, karena prosesnya yang negeri bisa segera kami dorong," katanya.

Menurut dia, kesiapan penyelenggaraan UNBK bagi semua SMP se-Bantul ini tentu lebih baik dari pelaksanaan UNBK tahun lalu sebab pada tahun 2017 masih ada beberapa sekolah yang belum melaksanakan UNBK dan masih berbasis kertas.

"Pada tahun lalu ada yang belum. Makanya, pada tahun ini kami memberikan paket komputer tadi, datanya tidak ingat, ada di dapodik (data pokok pendidikan), dan yang negeri tahun ini disiapkan komputernya," katanya.

Untuk kesiapan menghadapi UNBK 2018, kata Didik, semua pihak sekolah juga sudah diimbau memberikan pelatihan kepada para siswa, termasuk membiasakan dengan perangkat komputer, sehingga pada ujian nanti tinggal mengaplikasikan.

(KR-HRI)