Wabup harapkan Germas budayakan pola hidup sehat

id pemkab bantul

Wabup harapkan Germas budayakan pola hidup sehat

Pemerintah Kabupaten Bantul (Foto Antara)

Bantul (Antaranews Jogja) - Wakil Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih mengharapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bisa menjadi upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat.

"Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) harus menjadi momentum bagi kita seluruh komponen masyarakat guna membudayakan pola hidup sehat," katanya di sela Koordinasi Penguatan Implementasi Kebijakan Lintas Sektor terkait Germas di Bantul, Rabu.

Menurut dia, hal itu karena pembangunan kesehatan adalah upaya semua komponen yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Ia mengatakan, Germas merupakan tugas dan tanggungjawab bersama baik pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten dan harus melibatkan semua lintas sektor, lintas program maupun masyarakat itu sendiri.

"Germas adalah gerakan setiap komponen, baik dari pemerintah, masyarakat, swasta, perguruan tinggi maupun yang lainnya. Jadi, kita perlu bersama-sama, bergotong-royong dalam mensukseskan Germas di Bantul," katanya.

Wabup mengatakan, dengan Germas akan mewujudkan generasi hebat, membangun budaya hidup sehat di masyarakat dimulai dari keluarga, bapak, ibu, dan anak agar membiasakan pola hidup yang sehat.

"Inpact, outcame dan benefit pembangunan kesehatan tidak bisa dilihat dalam kurun waktu yang singkat, dan baru akan terlihat hasilnya setelah 10 hingga 20 tahun berikutnya," katanya.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap publikasi dan informasi terkait Germas mendapat prioritas sehingga masyarakat makin terdorong untuk membudayakan hidup sehat dengan melakukan langkah-langkah Germas melalui pola hidup ke arah yang lebih sehat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bantul Maya Sintowati Panji mengatakan pencanangan Germas di Bantul yang dilakukan pada 15 November 2016 tersebut mempunyai enam tujuan.

Tujuan itu yaitu, peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan edukasi hidup sehat.

"Germas di Bantul telah dikuatkan dengan Peraturan Bupati (Perbup) Bantul Nomor 35 Tahun 2018 yang dalam lampirannya memuat peran masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) dalam Germas," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024