Dokter: ibu hamil perlu pahami kebutuhan nutrisi setiap trisemester kehamilan

id ibu hamil

Dokter: ibu hamil perlu pahami kebutuhan nutrisi setiap trisemester kehamilan

(kiri ke kanan) dr Edo Raditya SpOG, Dian, dr Phitra Sekar Dianggra SpGK, dan Donita usai Kampanye Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) yang diselenggarakan Kalbe Blackmores Nutrition (Foto Antaranews Jogja)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Nutrisi dan kandungan gizi berperan penting dalam mengoptimalkan perkembangan janin, sehingga ibu hamil perlu memahami kebutuhan nutrisi pada setiap trimester kehamilan, kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan Edo Raditya SpOG.

"Trimester pertama merupakan periode perkembangan organ penting sehingga salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan adalah asam folat untuk mencegah kelainan cacat saat lahir," kata Edo di sela-sela Kampanye Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) di Yogyakarta, Sabtu.

Pada saat hamil, menurut dia, dibutuhkan asupan 400-600 mikrogram asam folat setiap hari. Pada masa menyusui dibutuhkan asupan 500 mikrogram setiap hari untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

"Sumber asam folat bisa diperoleh dari sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, dan jeruk," kata pemilik dan Wakil Direktur Pelayanan Medis Rumah Sakit Umum (RSU) Griya Mahardika Yogyakarta itu.

Ia menambahkan, kalsium juga berperan penting untuk membentuk tulang janin dan menjaga massa tulang ibu menyusui dan zat besi dibutuhkan untuk pertumbuhan janin serta mencegah anemia setelah melahirkan.

"Sumber zat besi dapat diperoleh dari bayam, brokoli, daging merah, ikan, ayam, dan kuning telur," kata lulusan Universitas Samratulangi Manado itu.

Menurut dia, trimester kedua merupakan periode perkembangan tumbuh kembang organ. Zat besi dan vitamin C dibutuhkan untuk mengoptimalkan pembentukan sel-sel darah merah, sedangkan omega 3 dibutuhkan untuk pembentukan otak janin.

Pada trimester ketiga dibutuhkan energi yang cukup untuk persiapan persalinan, karena mineral sangat penting. Ibu hamil harus mengonsumsi air putih minimal 1,5 liter setiap hari.

"Ibu hamil juga membutuhkan asupan vitamin B1, B2, B3 untuk membantu enzim mengatur sistem pernapasan dan energi, serta yodium untuk meminimalkan terhambatnya perkembangan otak atau keterbelakangan mental dan kretinisme," kata Edo.

Dokter spesialis gizi klinik Phitra Sekar Dianggra SpGK menambahkan 1.000 Hari Pertama Kehidupan buah hati adalah masa yang berharga dan tidak akan terulang kembali.

Oleh karena itu, untuk menjaga tumbuh kembang optimal Si Kecil selama 1.000 Hari Pertama Kehidupannya, setiap bunda diharapkan bisa memahami pentingnya asupan nutrisi yang sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG).

"Data nasional dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 juga menunjukkan prevalensi risiko Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada wanita hamil sebanyak 24,2 persen," kata lulusan dari Universitas Diponegoro Semarang itu.

Ia menjelaskan, KEK adalah status kurang gizi yang disebabkan oleh berkurangnya asupan nutrisi dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan gangguan yang akan terjadi pada kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

Kondisi KEK biasanya terjadi pada wanita usia subur yaitu 15-45 tahun. Pencegahan risiko KEK pada ibu hamil bisa dilakukan sebelum kehamilan dengan status gizi yang baik.

"Pencapaian dan pengaturan berat badan yang ideal dan penerapan pola hidup yang sehat dan gizi seimbang sebelum, saat, dan setelah periode kehamilan penting untuk memastikan kesehatan ibu dan janin optimal," kata Phitra.

Marketing Manager Kalbe Blackmores Nutrition, Dian mengatakan untuk mengatasi masalah kurangnya asupan nutrisi penting ibu hamil dan menyusui, Blackmores memiliki produk unggulan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold sebagai suplemen dengan kandungan nutrisi yang esensial bagi tumbuh kembang si kecil selama 1.000 Hari Pertama Kehidupannya.

Menurut dia, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold merupakan rangkaian nutrisi esensial untuk kesehatan ibu dan tumbuh kembang buah hati, dengan kandungan yang tinggi DHA, tinggi kalsium, zat besi yang membantu mengurangi risiko konstipasi, vitamin, dan mineral lainnya yang diperlukan selama masa kehamilan dan menyusui.

"Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold dapat menjadi salah satu opsi bagi para ibu hamil dan menyusui di Indonesia untuk dapat memenuhi asupan nutrisi yang penting dan sehat," kata Dian. 

Figur publik Donita mengemukakan masa kehamilan dan menyusui tentunya akan banyak menimbulkan perubahan secara fisik dan hormonal, sehingga dirinya mengimbangi dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi.

"Meskipun saya sudah menjaga asupan nutrisi melalui makanan, saya juga mengkonsumsi suplemen kesehatan untuk tetap menjaga nutrisi yang pas untuk kesehatan saya dan perkembangan buah hati," katanya.

Dalam hal ini, Donita mengkonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold karena Blackmores memiliki odourless fish oil yang tidak berbau, serta dosis tertinggi untuk kandungan kalsium.

"Selain itu juga memiliki kandungan vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan oleh saya selama masa kehamilan dan menyusui, namun masih sesuai dengan dosis harian yang harus dipenuhi," kata Donita.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024