UGM : generasi muda pahami nasionalisme era digital

id Kuliah Umum

Ribuan mahasiswa dan generasi muda peserta Kuliah Umum dan Talkshow bertajuk 'Nasionalisme di Era Digital" yang diadakan UGM dan Kementerian Kominfo RI (Foto Antara/Istimewa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. Ir. Panut Mulyono mengatakan generasi muda saat ini harus bisa memahami dan mengerti tentang arti nasionalisme di era digital agar bisa membawa dampak bagi bangsa dan dirinya ke arah lebih baik. 
   
 "Generasi muda sebagai pengguna serta pengembang teknologi informasi perlu mengerti bagaimana menerjemahkan kata nasionalisme di era digital," kata Rektor dalam Kuliah Umum dan Talkshow bertajuk "Nasionalisme di Era Digital" di Grha Sabha Prama UGM Yogyakarta, Kamis.
     
Menurut dia, nasionalisme tidak terbatas pada perilaku maupun tindakan yang bebas dari paham-paham yang bertentangan dengan nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.
     
Akan tetapi, kata dia, lebih dari itu bagaimana mereka bisa memanfaatkan keberadaan teknologi digital untuk berinovasi dan berkarya menghasilkan produk-produk yang memberikan dampak besar bagi bangsa dan negara.
     
"Nasionalisme itu bagaimana kalian bisa berinovasi, mampu memberikan dampak ekonomi yang besar, serta menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat," kata Panut.
     
Dia menjelaskan, beberapa 'startup' karya anak muda Indonesia seperti Go-Jek, Bukalapak, Tokopedia dan yang menjadi wujud nyata peran serta generasi muda untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mengangkat harkat dan martabat Indonesia di mata dunia.
     
"Kami berharap kalian yang hadir pada sore hari ini juga mampu berperan dan bergabung dengan anak muda lainnya untuk bergerak bersama melakukan kewirausahaan sosial dan membawa kita ke kondisi yang lebih maju, lebih baik, lebih sejahtera," katanya.
       
Usai kuliah umum, kegiatan yang dihadiri ribuan mahasiswa dari puluhan perguruan tinggi di Yogyakarta itu dilanjutkan dengan talkshow tentang peluang pengembangan bisnis digital serta kontribusi yang bisa diberikan kepada masyarakat melalui bisnis tersebut.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar