BPBD Bantul tingkatkan kemampuan petugas pemadam kebakaran DIY-Jateng

id Petugas damkar

BPBD Bantul tingkatkan kemampuan petugas pemadam kebakaran DIY-Jateng

Adu ketangkasan petugas pemadam kebakaran yang digelar BPBD Bantul di Lapangan Trirenggo (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadakan lomba ketangkasan petugas pemadam kebakaran perwakilan kabupaten/kota DIY-Jawa Tengah guna meningkatkan kemampuan petugas itu.

"Antusiasme mereka itu luar biasa, karena mereka ingin ini menjadi pembelajaran yang bagus untuk meningkatkan kemampuan keterampilan mereka," kata Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto disela kegiatan di Bantul, Minggu.

Lomba ketangkasan petugas pemadam kebakaran DIY-Jawa Tengah yang diselenggarakan di Lapangan Trirenggo depan Rumah Dinas Bupati Bantul tersebut diikuti sembilan regu dari dua provinsi bersebelahan itu.

"Ada sembilan regu, lima kabupaten/satu kota di DIY, dan ditambah empat kabupaten/kota di wilayah Jateng, yaitu Klaten, Kabupaten Magelang, Kota Magelang dan Kabupaten Purworejo," katanya.

Menurut dia, lomba ketangkasan petugas pemadam kebakaran yang diinisiasi BPBD Bantul untuk tingkat DIY-Jateng ini baru pertama, dan mendapat dukungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Dwi mengatakan, selain untuk meningkatkan kemampuan, kegiatan ini yang terpenting juga untuk memupuk rasa kebersamaan dan kependulian sesama petugas pemadam yang selalu dihadapkan pada masalah kebakaran.

"Terutama permasalahan kebakaran di perbatasan (DIY-Jateng) sehingga bisa menjadi satu kesatuan yang Insya Allah bisa menjawab tantangan ke depan yang lebih baik," katanya.

Dia mengatakan, ketangkasan yang dilombakan diantaranya mengenai menembak sasaran api dengan mobil pemadam, bagaimana petugas menyelamatkan korban dan cara mengevakuasi korban dari lantai dua ketika terjadi kebakaran.

"Kemudian durasi waktu untuk penyelamatan yang sudah ada batasannya, karena pemadaman itu ada durasi waktu yang harus ditaati. Ini yang kita lombakan," katanya.

"Dengan demikian, harapan kita kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh teman-teman pemadam kebakaran bisa menjawab tantangan di masyarakat," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar