Binda DIY kembali vaksinasi anak dosis kedua di Sentolo-Wates

id vaksinasi anak,Binda DIY,Dinkes Kulon Progo,Kulon Progo

Binda DIY kembali vaksinasi anak dosis kedua di Sentolo-Wates

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 oleh Binda DIY di Kabupaten Kulon Progo. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta kembali melakukan vaksinasi COVID-19 anak usia 6-11 tahun dosis ke dua di Kecamatan Sentolo dan Wates, Kabupaten Kulon Progo, untuk mendukung tercapainya target 100 persen hingga akhir Januari.

Koordinator Vaksinasi COVID-19 Kulon Progo dari Binda DIY Wury Atmaja di Kulon Progo, Kamis, mengatakan hari ini sasaran vaksinasi Binda DIY sebanyak 733 anak dengan lokasi dua titik, yakni SLB Negeri Kulon Progo sebanyak 310 anak, SD Negeri Kalikutuk di Kecamatan Sentolo sebanyak 423 anak.

"Setiap pelaksanaan vaksinasi COVID-19 anak 6-11 tahun, Binda DIY yang bekerja sama dengan puskesmas melakukan vaksinasi antara 600 sampai 750 anak per hari. Hal ini untuk mendukung percepatan vaksinasi anak yang ditargetkan selesai akhir Januari ini," kata Wury.

Ia mengatakan Binda DIY mengintensifkan penyisian anak-anak usia 6-11 tahun yang belum divaksin. Penyisiran ini diharapkan meminimalisir anak yang tidak divaksin. Kegiatan vaksinasi anak ini, Binda DIY bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kulon Progo, Disdikpora Kulon Progo, dan Puskesmas Panjatan, Puskesmas Temon, dan Puskesmas Wates.

"Vaksinasi anak usia 6-11 tahun bertujuan untuk mempertahankan tingkat kekebalan dan memperpanjang masa perlindungan terutama bagi anak usia 6-11 tahun. Vaksin bagi anak anak penting, karena untuk membangun imunitas di tengah adanya mutasi virus. Apalagi saat ini varian Omicron berpotensi menyebar dengan cepat," katanya.

Menurut dia, vaksinasi ini merupakan cara paling efektif dan efisien untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga, selain itu dengan tervaksinnya anak-anak, maka pembelajaran tatap muka (PTM) dapat segera berlangsung secara normal sehingga kehidupan pendidikan anak-anak di Kulon Progo juga dapat berjalan sebagaimana mestinya.

"Vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun akan terus diakselerasi oleh Binda DIY untuk ditingkatkan capaiannya, guna mewujudkan kekebalan komunal, sehingga kehidupan anak anak dapat berjalan secara normal seperti sebelumnya," katanya.

Sementara, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Kulon Progo Rina Nuryati mengatakan sampai saat ini, capaian vaksinasi COVID-19 usia 6-11 tahun berdasarkan perhitungan manual untuk dosis pertama sebesar 93,42 persen atau 33.125 dari target 35.457 sasaran. Kemudian, dosis kedua mencapai 45,22 persen atau 16.032 persen.

"Kami mengupayakan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 anak 6-11 selesai pada akhir Januari ini," harapnya.