Pedagang di Bantul diminta jajakan makanan sehat di pasar sore Ramadhan

id pasar ramadhan bantul,pasar takjil,makanan sehat

Pedagang di Bantul diminta jajakan makanan sehat di pasar sore Ramadhan

Arsip Foto. Suasana pasar sore pada bulan Ramadhan. (ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul di Daerah Istimewa Yogyakarta meminta para pedagang di pasar sore Ramadhan menjajakan makanan yang sehat dan aman.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih berpesan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang menjajakan dagangan di pasar sore Ramadhan untuk mengolah dan menyajikan makanan secara higienis.

"Saya berpesan agar seluruh UMKM yang umumnya ini menjajakan makanan dan minuman itu untuk senantiasa menjaga higienitas makanannya, jangan sampai makanan yang dijajakan ini tidak sehat," katanya di Bantul, Jumat.

Baca juga: "Pesantren Sehat", program pantau kesehatan santri

"Makanannya harus sehat, karena ini akan dikonsumsi banyak sekali orang, tidak hanya di satu lokasi saja, pasar Ramadhan ini seperti jamur di musim hujan, di mana-mana terjadi, muncul, sehingga masalah kesehatan ini menjadi sangat penting," ia menambahkan.

Dia mengemukakan bahwa bulan Ramadhan mendatangkan peluang untuk meningkatkan penjualan bagi para pelaku UMKM, termasuk pelaku usaha makanan dan minuman.

"Tetapi, saya minta UMKM juga hati-hati. Hati hati di dalam mengolah makanan, karena ini akan dikonsumsi oleh orang banyak, harus sehat dan higienis," katanya.

Dengan demikian, ia mengatakan, harapannya masyarakat bisa dengan tenang mengkonsumsi makanan dan minuman yang dijajakan di pasar sore Ramadhan dan para pelaku UMKM bisa mendapat lebih banyak keuntungan.

Baca juga: Bupati Bantul: Ramadhan momentum tingkatkan kepribadian menjadi lebih baik