Perempuan masih alami kesenjangan ekonomi, kata menteri

id Menteri PPPA,Perempuan,Kesenjangan ekonomi,Gender

Perempuan masih alami kesenjangan ekonomi, kata menteri

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga. (ANTARA/ HO-Kemen PPPA)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) RI Bintang Puspayoga mengatakan bahwa kaum perempuan masih mengalami kesenjangan di bidang ekonomi.

"Tingkat partisipasi perempuan di bidang ekonomi seperti dalam angkatan kerja, kesetaraan upah, dan tingkat pendapatan masih menampilkan potret kesenjangan yang cukup besar," kata Bintang saat hadir secara daring pada acara diskusi memperingati Hari Kartini yang diselenggarakan Kemenparekraf RI di Jakarta, Kamis.

Bintang memaparkan data bahwa lebih dari 50 persen dari pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah perempuan, sedangkan 55 persen perempuan merupakan pelaku pariwisata Indonesia.

Sumbangan UMKM juga berkontribusi 61 persen dari total pendapatan domestik bruto, sedangkan UMKM menyerap 97 persen tenaga kerja, dan menyumbang 60 persen dari total investasi di Indonesia.

Namun menurutnya, hingga saat ini masih banyak permasalahan perempuan dan anak yang dihadapi di berbagai sektor dan bidang pembangunan.



"Ketimpangan gender masih menjadi persoalan yang mendasari ketertinggalan perempuan, Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) dan Indeks Pembangunan Gender (IPG) memang meningkat, tetapi jika dibedah berdasarkan jenis kelamin, terlihat jurang ketimpangan yang dalam antara perempuan dan laki-laki," katanya.

Selain itu, dalam kontestasi politik dan arena kepemimpinan, perempuan juga masih tertinggal, seperti pada pekerjaan profesional, parlemen, dan juga dalam jabatan publik.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri PPPA: Perempuan masih mengalami kesenjangan di bidang ekonomi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024