Pilih sabun berpelembab tepat biar wajah tak bermasalah

id Sabun Cuci Wajah,Pembersih Wajah,sabun muka, tips membersihkan wajah

Pilih sabun berpelembab tepat biar wajah tak bermasalah

Ilustrasi sabun untuk wajah (ANTARA/Pixabay.com/RitaE)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Bidang Sosial dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) dr. Adhimukti T. Sampurna, SpKK menjelaskan pentingnya memilih sabun wajah dan menggunakan pembersih wajah dengan tepat agar hasil pembersihannya dapat maksimal.
 
“Prinsipnya sabun wajah harus berpelembab karena membuat kondisi kulit wajah lebih stabil,” kata Adhi saat ditemui dalam acara diskusi kesehatan di Jakarta, Minggu.

Jika sabun membuat kulit menjadi kering, maka kulit akan mengeluarkan minyak lebih banyak dan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Beberapa sabun wajah yang harus dihindari adalah sabun yang mengandung sulfur dan alkohol.

Penggunaan sabun natural atau sabun berbahan alami seperti susu, madu, dan buah boleh untuk digunakan, terutama bagi orang dengan tipe kulit kering karena dapat membantu kulit menjadi lembab.
 
Selain itu, Adhi mengimbau untuk menggunakan sabun wajah tanpa scrub atau sabun yang dilengkapi dengan eksfoliasi wajah. Eksfoliasi pada sabun termasuk ke dalam jenis eksfoliasi physical, sehingga memungkinkan semua sel kulit, termasuk sel kulit yang masih muda, ikut terkelupas dan menyebabkan wajah menjadi kering hingga memicu timbulnya minyak berlebih pada wajah.

Adhi mengimbau supaya menggunakan sabun wajah berbentuk foam (busa) dan likuid atau cairan agar lebih nyaman saat diaplikasikan ke kulit. Selain itu, pilih sabun dengan kandungan yang sesuai dengan tipe kulit agar tidak membuat kulit terlalu kering.

"Kalau bisa pilih sabun tanpa pengawet, yang tanpa paraben,” kata Adhi.

Adhi juga memaparkan cara membersihkan wajah dengan benar, apalagi bila seseorang aktif berkegiatan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kiat memilih sabun wajah dan membersihkan wajah dengan tepat
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024