Wujudkan Indonesia Emas, Ganjar sebut kemiskinan ekstrem harus nol

id ganjar,indonesia emas

Wujudkan Indonesia Emas, Ganjar sebut kemiskinan ekstrem harus nol

Ganjar Pranowo (ANTARA/HO-WMN)

Yogyakarta (ANTARA) - Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo mengatakan banyak yang perlu dilakukan untuk mewujudkan Indonesia Emas, salah satunya kemiskinan ekstrem harus nol.

Ganjar dalam acara Mata Najwa di kampus UGM Yogyakarta, Selasa (19/9) malam, menyebutkan ada tujuh strategi mewujudkan Indonesia Emas, di antaranya kemiskinan ekstrem di Indonesia harus nol.

"Ada tujuh strategi yang mesti kita lakukan, yakni membangun SDM produktif, stabilisasi harga pokok, kemiskinan mesti dihapus, setidaknya yang ekstrem, mesti nol," katanya.

Selain itu, kata Ganjar, strategi yang juga mesti dilakukan adalah memperkuat jaring pengaman sosial, hilirisasi menuju industri kelas dunia, dan mengembalikan alam Indonesia menjadi jauh lebih baik.

"Tingkatkan nilai tambah infrastruktur yang hari ini sudah dibangun pemerintah sebagai fondasi yang kuat," ucapnya.

Ganjar mengatakan Indonesia bisa menjadi negara dengan ekonomi besar di antaranya dengan mewujudkan Indonesia yang tambah makmur, semakin sehat, lebih pintar, dan kian produktif. 

"Untuk mencapai hal tersebut diperlukan tiga fondasi, yaitu digitalisasi dalam pemerintahan, membasmi korupsi, dan melipatgandakan anggaran negara untuk mewujudkan pelayanan berkualitas," katanya.