Putin: Situasi Gaza jadi bencana kemanusiaan

id Presiden Rusia, Jalur Gaza, Bencana, Kemanusiaan

Putin: Situasi Gaza jadi bencana kemanusiaan

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidatonya dalam peringatan satu tahun reunifikasi empat wilayah Ukraina dengan Rusia, Sabtu (30/9/2023). ANTARA/HO-Kremlin/am.

Moskow (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu mengatakan situasi di Jalur Gaza adalah "bencana kemanusiaan".

"Orang-orang tidak bersalah tidak seharusnya menanggung  kejahatan yang dilakukan oleh yang lain," kata Putin saat bertemu para tokoh lintas agama di Moskow, Kamis.

Putin menentang apa yang disebutnya "tanggung jawab kolektif" untuk kesalahan yang dibuat segelintir orang, seraya menunjuk lansia, perempuan dan anak-anak yang menjadi korban serangan Israel.

Putin menegaskan kembali dukungan Rusia kepada solusi dua negara yang disebutnya "kunci bagi penyelesaian dan perdamaian jangka panjang dan mendasar di Timur Tengah."

"Yang terpening adalah menghentikan pertumpahan darah dan aksi kekerasan," kata dia, seraya mengingatkan bahwa konflik ini bisa meluber ke luar Timur Tengah.

Putin menuding "kekuatan tertentu" tengah mempermainkan sentimen agama dan nasionalisme agar menciptakan ketidakstabilan dan kekacauan demi "kepentingan jahat" mereka.

Sumber: Anadolu
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Putin sebut situasi Gaza sudah jadi "bencana kemanusiaan"