Sleman menyerahkan hibah sarana budi daya ikan air tawar dari KKP

id Hibah sarpras perikanan ,Kementerian Kelautan Perikanan ,Budidaya ikan Sleman ,Bupati Sleman ,DP3 Sleman

Sleman menyerahkan hibah sarana budi daya ikan air tawar dari KKP

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan hibah sarana dan prasarana budi daya ikan air tawar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kepada 31 kelompok budi daya ikan se-Kabupaten Sleman di Umbul Sidomulyo, Brintikan, Tirtomartani, Kalasan, Kamis (13/6/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyerahkan hibah sarana dan prasarana budi daya ikan air tawar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kepada 31 kelompok budi daya ikan se-Kabupaten Sleman.

Hibah sarana dan prasarana budidaya ikan air tawar dari KKP ini melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) ini diserahkan langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang dipusatkan di Umbul Sidomulyo, Brintikan, Tirtomartani, Kalasan, Kamis.

Plt Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman Suparmono mengatakan jumlah bantuan KKP untuk Kabupaten Sleman tahun ini sebesar Rp6,45 miliar. Bantuan diserahkan kepada 31 kelompok pembudidaya ikan air tawar dan satu Kelompok pengolahan dan pemasaran hasil perikanan (poklahsar).

"DAK dari KKP ini tidak semua daerah mendapat. Selama ini di DIY hanya Kabupaten Sleman yang mendapatkan. Itu karena pertimbangan potensi dan pertimbangan lainnya. Ini perlu kita syukuri," katanya.

Menurut dia, sarana budi daya ikan air tawar yang dihibahkan ada beberapa macam, diantaranya benih ikan, pakan ikan, papan nama, pompa air, motor roda tiga, timbangan digital duduk, pemotong rumput, pagar kolam galvalum, tanki/wadah ikan, tabung oksigen dan regulator.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo berharap hibah ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan dapat meningkatkan kualitas dan hasil produksi ikan air tawar di tempatnya masing-masing.

"Hasil budi daya ikan dari para penerima hibah nantinya juga akan dievaluasi, kami adakan lomba. Untuk yang hasilnya bagus nanti kami beri hadiah," katanya.

Selain menyerahkan hibah sarana budi daya ikan air tawar, Bupati Sleman juga melakukan penebaran benih ikan nilem dan ikan tawes di Sungai Opak yang tak jauh dari lokasi tersebut.

Bupati juga menyerahkan 10 paket bantuan dari Baznas Sleman untuk warga kurang mampu di wilayah itu.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024