Taman Kusuma Bangsa IKN, Kaltim, dirancang kenang jasa pahlawan

id nusamtara,bangsa ,kusuma,taman,indonesia,pahlawan,kota

Taman Kusuma Bangsa IKN, Kaltim, dirancang kenang jasa pahlawan

Taman Kusuma Bangsa yang dibangun di kawasan Kota Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan

Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Taman Kusuma Bangsa Kota Nusantara, di kota baru Indonesia di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, dirancang sebagai tempat untuk mengenang jasa pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia.
 
"Taman Kusuma Bangsa di IKN dirancang sebagai tempat penghormatan dan mengenang jasa para pahlawan Indonesia," jelas Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumawati di Penajam, Selasa.
 
"Renungan suci biasanya dilakukan pukul 00.00 setiap 17 Agustus dan pada 17 Agustus 2024 renungan suci di Kota Nusantara dilaksanakan di Taman Kusuma Bangsa itu," tambahnya.
 
Taman Kusuma Bangsa yang dirancang I Nyoman Nuarta tersebut bakal digunakan sebagai tempat penghormatan dan mengenang pahlawan dan pejuang, serta pendiri bangsa terutama Bung Karno dan Bung Hatta.
 
Taman Kusuma Bangsa dengan konsep bangunan monumental menggambarkan perjuangan panjang kemerdekaan bangsa Indonesia, yang diwujudkan melalui patung proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta, serta sayap burung Garuda setinggi 17 meter dan tiang bendera setinggi 79 meter.
 
"Ada juga api abadi, lanskap dan plaza area di Tanam Kusuma Bangsa, luas areal taman 1.915 meter persegi," kata Diana Kusumawati.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Taman Kusuma Bangsa IKN dirancang untuk mengenang jasa pahlawan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024