BPKP diharapkan bantu pemda wujudkan "good governance"

id bpkp diharapkan bantu

BPKP diharapkan bantu pemda wujudkan "good governance"

BPKP (Foto www.bpkp.go.id)

Jogja (Antara Jogja) - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan sebagai internal auditor diharapkan intensif membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan "good governance" melalui peningkatan audit kinerja, kata Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Dengan demikian, pemerintah daerah (pemda) bisa meningkatkan akuntabilitasnya di mata publik, karena pada dasarnya akuntabilitas publik adalah pemberian informasi dan pengungkapan atas aktivitas dan kinerja finansial pemda kepada pemangku kepentingan," katanya di Yogyakarta, Jumat.

Pada serah terima jabatan (sertijab) Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DIY dari Condro Imantoro kepada Tytut Ratih Kusumo, ia mengatakan sehubungan dengan hal itu pemda harus menyediakan laporan keuangan yang akurat, relevan, tepat waktu, dan dapat dipercaya.

"Pemda DIY telah lama menyesuaikan sistem pelaporan keuangannya berdasarkan standar sistem akuntasi keuangan daerah. BPKP DIY dalam pengawasannya perlu memperhatikan dua hal, yakni pengawasan antisipatif dan proaktif serta pengawasan konsisten, berkelanjutan, dan tidak sporadis," katanya.

Kepala BPKP Mardiasmo mengatakan BPKP melakukan fungsi dan tugasnya dengan beberapa strategi, yakni strategi preemptif mengajak masyarakat untuk bersama-sama peduli memerangi korupsi melalui kegiatan sosialisasi program antikorupsi.

Selain itu, juga menerapkan strategi preventif dengan ikut membangun "good governance" di wilayah DIY. BPKP telah melakukan pendampingan dan pembinaan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota se-DIY.

"Kami juga menerapkan strategi represif, yang dalam kurun waktu 2005-2013, BPKP DIY telah menyerahkan kasus baik melalui audit investigatif maupun penghitungan kerugian keuangan negara kepada aparatur penegak hukum," katanya.

Kepala Perwakilan BPKP DIY yang baru Tytut Ratih Kusumo sebelumnya menjabat Direktur Investigasi Instansi Pemerintah pada Deputi Investigasi BPKP Pusat di Jakarta, sedangkan pejabat lama Condro Imantoro memasuki masa pensiun.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024