Kawasan Kaliurang tetap menerima kunjungan wisatawan

id objek wisata kaliurang

Kawasan Kaliurang tetap menerima kunjungan wisatawan

Pintu masuk objek wisata Kaliurang Yogyakarta (Foto Antara/Yogya Pradeva/ags.)

Sleman (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan bahwa kawasan objek wisata Kaliurang tetap aman dan tetap menerima kunjungan wisatawan pascaletusan freatik Gunung Merapi pada Jumat pagi.

"Guna memberikan rasa aman bagi warga masyarakat, kami mengumpulkan pelaku wisata yang berada dan beroperasi di kawasan Kaliurang. Dari pertemuan tersebut dipastikan Kaliurang tetap menerima kunjungan wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih, Jumat sore.

Menurut dia, pertemuan tersebut juga dihadiri juga beberapa pejabat struktural di Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dan dihadiri kurang lebih 30 pelaku wisata di kawasan Kaliurang.

"Dalam pertemuan ini, disampaikan update terakhir situasi Gunungapi Merapi mengacu pada hasil pengamatan di Pos Pengamatan Gunung Merapi. Dari hasil pengamatan tersebut, disampaikan bahwa meskipun telah terjadi letusan freatik di pagi hari tadi, status Gunungapi Merapi tetap normal," katanya.

Ia mengatakan, status normal ini berarti bahwa pada dasarnya kawasan Kaliurang masih aman untuk dikunjungi, sehingga tidak ada alasan kuat bagi Dinas Pariwisata untuk menutup kawasan ini.

"Namun demikian, sebagai akibat hujan abu yang sempat mengguyur kawasan Kaliurang sampai dengan pukul 10.00 WIB, disarankan agar bis besar untuk sementara waktu tidak masuk ke kawasan Kaliurang," katanya.

Demikian pula halnya dengan operasional jeep volcano tour, disarankan untuk tidak beroperasi khusus hari ini demi kenyamanan dan keamanan wisatawan yang berkunjung di Kaliurang.

"Operasional volcano tour selanjutnya menunggu informasi lanjutan terkait situasi kegunungapian Gunungapi Merapi," katanya.

Sudarningsih mengatakan, secara umum kondisi kawasan Kaliurang telah kondusif. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, apalagi telah ada pernyataan dari BPPTKG Yogyakarta, lembaga yang bertanggung jawab terkait peringatan dini kebencanaan di Gunungapi Merapi.

"Status Merapi adalah `normal`. Dipersilakan wisatawan untuk tetap berkunjung menikmati keindahan Gunungapi Merapi di Kaliurang sekaligus menikmati aneka kuliner yang akan menggoda selera wisatawan," katanya.

Ia mengatakan, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, akan terus bekerja sama dengan seluruh stakeholder terkait ?dan komunitas jeep Merapi untuk memastikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sleman umumnya, dan kawasan Kaliurang khususnya.



 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024