Kaplores tegaskan personel netral dalam Pemilu 2019

id Kapolres Bantul

Apel Kesiapan Polres Bantul dalam rangka Pengamanan Pemilu 2019 di Mapolres Bantul (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Kepala Kepolisian Resor  Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Ajun Komisaris Besar Polisi Sahat M Hasibuan menegaskan semua personel institusinya harus menjaga netralitas dalam Pemilihan Umum 2019 di wilayah hukum kabupaten ini. 
     
"Saya tegaskan agar seluruh personel polri tetap menjaga netralitas dengan tidak berpihak kepada kelompok tertentu dalam memberikan pelayanan maupun tindakan lainnya selama berlangsungnya Pemilu 2019," katanya disela Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019 di Bantul, Jumat.
     
Menurut dia, bagi segenap anggota  Polri juga harus menjaga komitmen dan netralitas dalam Pemilu, serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi kepolisian.
     
Sementara itu, Kapolres juga berpesan agar jajaran Polri mencermati tantangan tugas dalam Pengamanan Pemilu 2019 serta mengawal dan mengamankan setiap tahapan dengan sebaik-baiknya, serta berupaya mewujudkan terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif.
     
"Dengan demikian agar dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan jernih sesuai hati nuraninya," kata Kapolres.
     
Selain itu, kata dia, kepada seluruh jajaran, agar secara proaktif terus memperkokoh sinergi polisional dengan penyelenggara pemilu, TNI, masyarakat dan mitra keamanan lainnya, dalam rangka mendukung kesuksesan Pemilu 2019.
     
"Persiapkan juga seluruh sarana dan prasarana yang dimiliki sehingga seluruh sarpras siap untuk mendukung pelaksanakan pengamanan pemilu," katanya. 
     
Sementara itu, dalam rangka pengamanan Pemilu 2019, Polres Bantul menerjunkan sebanyak 1.016 personel yang meliputi 762 personel dari Polres dan sebanyak 254 personel dari Polda DIY yang disiagakan ke semua wilayah termasuk ke TPS-TPS. 
       
Ia mengatakan, pola pengamanan TPS untuk TPS aman melibatkan dua anggota polri dan 10 anggota linmas untuk lima TPS, kemudian TPS rawan satu, terdiri dua polri dan empat linmas dua TPS, dan TPS rawan dua, dua polri dan emlat linmas satu TPS. 
     
"Di wilayah Bantul ada lima TPS rawan, antara lain TPS Dusun Geger dan Sorotopo  Kecamatan Pundong, TPS dusun Ngliseng Desa Munthuk Dlingo, TPS Dusun Sungapan Desa Argodadi Sedayu dan TPS dusun Kuden Desa Sitimulyo Piyungan," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar