Ratusan remaja ikuti Jambore Kreativitas Remaja "Genre"

id remaja

Ratusan remaja ikuti Jambore Kreativitas Remaja "Genre"

Ilustrasi ( (ist))


Sleman (Antaranews Jogja)) - Sebanyak 445 remaja perwakilan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Kecamatan se-Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti Jambore Ajang Kreativitas Remaja Generasi Berencana (Genre) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Minggu.
     
"Kegiatan ini merupakan upaya untuk memberi kesempatan remaja mengembangkan apa yang mereka miliki sesuai kreasi, inovasi, keinginan, dan gaya mereka dalam mewujudkan Generasi Berencana," kata Kepala Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sleman, Suprapti.
     
Menurut dia, dari 445 remaja yang turut serta dalam kegiatan tersebut, terdiri dari 425 remaja PIK-R dan 20 remaja Saka Kencana.
     
"Kami dari dinas mengkoordinir untuk kegiatan ini. Untuk mempersiapkan remaja-remaja ini mempunyai karakter dan perencanaan yang matang dalam Generasi Berencana," katanya.
     
Ia mengatakan, dalam kegiatan ini para remaja yang hadir akan diberikan materi-materi oleh narasumber yang telah disiapkan yang nantinya setiap remaja akan merumuskan serta merangkum dari apa yang didapat setelah diberikan materi tersebut.
     
"Setelah diberikan materi oleh salah satu dosen UGM Yogyakarta, setiap remaja akan menyampaikan apa yang mereka pahami. Setelah itu juga mereka dipersilakan untuk berkelompok menyiapkan kreasi dan inovasi mereka sesuai dengan gaya mereka masing-masing. Barulah mereka akan menampilkan serta dilombakan antarkecamatan. Disitulah menjadi ajang kreasi mereka," katanya.
     
Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Sumadi yang membuka secara langsung kegiatan jambore tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut.
     
"Kami Pemerintah Kabupaten Sleman sangat mendukung. Beberapa kali kegiatan seperti 'gathering' tiga bulan sekali kemudian juga jambore ini setahun sekali. Ini mengumpulkan PIK-R Kecamatan se-Kabupaten Sleman untuk menyatukan pemahaman visi berkaitan dengan cita-cita. kita beri pemahaman tentang pemerintahan dan sebagainya," katanya.
     
Salah satu peserta remaja PIK-R Kecamatan Ngemplak, Desi Wilandari mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan untuk remaja ini sangat bermanfaat.
     
"Saya banyak mengambil manfaat dari kegiatan ini seperti bertemu kenalan baru juga bisa saling tukar pikiran tentang permasalahan-permasalahan yang ada di Sleman. Secara tidak langsung juga kita bisa memberikan kontribusi untuk kalangan remaja di tempat kita masing-masing," katanya.
     
Ia mengatakan, setelah kegiatan ini dirinya bisa berbagi pengalaman dan berbagi ilmu kepada remaja-remaja PIK-R yang ada di kecamatan bahkan hingga ke tingkat dusun di Kecamatan Ngemplak.
     
"Saya berharap tahun-tahun berikutnya kegiatan ini tetap diselenggarakan karena begitu banyak manfaatnya dan bisa memberikan dampak positif bagi remaja seperti kita," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024