Kalijaga Job Fair 2018 sediakan ratusan lowongan kerja

id job fair

Kalijaga Job Fair 2018 sediakan ratusan lowongan kerja

Suasana Kalijaga Job Fair 2018 di UIN Sunan Kalijaga (foto istimewa).

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Center for Entrepreneurship and Career Development (Cendi) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga menggelar Kalijaga Job Fair (KJF) 2018 yang menyediakan ratusan lowongan kerja bagi pencari kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya.

KJF 2018 merupakan yang kedua kali diselenggarakan Cendi UIN Sunan Kalijaga. Sebelumnya pusat kewirausahaan dan karir universitas itu pernah menyelenggarakan KJF 2017, yang juga menyediakan ratusan lowongan kerja yang dihadiri oleh ribuan pencari kerja.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Yudian Wahyudi mengatakan "soft skill" dan "hard skill" diperlukan mahasiswa untuk bekal di dunia kerja. Kemampuan dan keterampilan ini menjadi keharusan bagi lulusan dari institusi agama jika ingin mendapat pekerjaan umum.

"Saat ini sudah dijembatani dengan konversi IAIN ke UIN," kata Yudian saat membuka Kalijaga Job Fair 2018 di Gedung Prof HM Amin Abdullah (MultiPurpose) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu (21/11).

Yudian berharap agar alumni harus belajar idealis dan realistis, dan bersifat teoritis serta praksis, karena kita harus melihat fakta di dunia kerja saat ini, banyak ilmu yang harus dipelajari untuk mencapai masa depan yang lebih baik. Alumni bisa menunjukkan kualitas dan prestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN SUnan Kalijaga Dr Waryono mengatakan kegiatan ini punya nilai strtegis untuk institusi perguruan tinggi dan sivitas akademik. Bagaimana untuk terus meningkatkan kompetisi kita untuk punya daya saing yang tinggi.

"Alhamdulillah, job fair ini bisa rutin digelar, karena ini kebutuhan mahasiswa untuk dilayani dan agar masa depan mereka cerah," katanya.

Direktur Cendi Ahmad Salehudin mengatakan Cendi sebagai bagian dari institusi pendidikan negeri merasa perlu untuk terlibat. Kami ingin melakukan upaya dalam rangka meminimalisir jumlah angka pengangguran melalui Kalijaga Job Fair.

"Kegiatan yang digelar dua hari itu diikuti oleh 20 perusahaan yang ada di DIY maupun luar DIY dengan 1.800 formasi lowongan kerja. KJF 2018 ini gratis untuk masyarakat umum," katanya.
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024