KPU Bantul mulai distribusikan logistik Pemilu ke PPS

id KPU Bantul

KPU Bantul mulai distribusikan logistik Pemilu ke PPS

Kantor KPU Bantul (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai mendistribusikan logistik dan alat kelengkapan pemungutan suara Pemilu 2019 ke panitia pemungutan suara tingkat kelurahan, Minggu.

"Hari ini (Minggu) pelepasan perdana logistik ke enam kecamatan di Bantul, semua logistik didrop langsung di kelurahan, bukan di kecamatan," kata Komisioner KPU Bantul Musnif Istiqomah di Bantul, Minggu.

Sesuai rencana, proses distribusi logistik berupa surat suara dan kotak suara, bilik suara serta alat kelengkapan pemungutan suara lainnya dilakukan selama tiga hari pada hari tenang yaitu 14, 15 dan 16 April.

Menurut dia, distribusi logistik Pemilu pada perdana ini menyasar ke desa-desa di enam kecamatan wilayah Bantul terluar yaitu Kecamatan Banguntapan, Piyungan, Pleret, Dlingo dan Sedayu serta wilayah Imogiri.

"Enam kecamatan itu (distribusi untuk) semua desa, kecuali yang Banguntapan. Untuk Banguntapan droping tujuh desa, yaitu Jambidan, Potorono, Tamanan, Wirokerten, Baturetno, Jagalan dan Singosaren," katanya.

Musnif mengatakan, sebab logistik Pemilu untuk Desa Banguntapan belum bisa dikirim pada hari ini karena masih proses pengepakan (packing) di gudang logistik Pemilu yang disiapkan KPU Bantul.

Dia mengatakan, dalam proses distribusi logistik dan alat kelengkapan Pemilu 2019, KPU mengerahkan empat unit armada, armada tersebut langsung menuju ke kelurahan di enam kecamatan tersebut secara bertahap.

"Armada (mengangkut logistik) berangkat dari empat gudang. Yaitu gudang di kantor KPU, gudang Jalan Srandakan Pandak, Gudang Code Bantul dan Gudang Kweni Sewon. Armada pertama baru saja berangkat dari KPU," katanya.

Komisioner KPU Bantul Arif Widayanto menjelaskan, untuk menempuh seluruh 75 desa se-Bantul dalam proses distribusi logistik dijadwalkan selama tiga hari mulai 14 April, 15 April dan setengah hari pada 16 April.

"Setelah logistik sampai di tingkat PPS (desa), rekan-rekan akan mendistribusikan semua kotak dan empat bilik suara ke masing-masing TPS pada 16 April. Dan kita pastikan 16 April semua sudah sampai di TPS," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024