KPU berharap kerja sama pemkab pada 2021 dirumuskan dalam nota kesepakatan

id KPU Bantul

KPU berharap kerja sama pemkab pada 2021 dirumuskan dalam nota kesepakatan

Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan kerja sama dengan pemerintah kabupaten setempat pada tahun 2021 dapat dirumuskan dalam bentuk nota kesepakatan sebagai komitmen bersama dalam memberikan pelayanan terbaik.

"Kami mengharapkan kerja sama dengan Pemkab Bantul di 2021 dapat dirumuskan dalam bentuk nota kesepakatan, ini bertujuan untuk bersama-sama memberikan pelayanan publik secara maksimal khususnya dalam hal layanan pemilu dan pemilihan," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, kerja sama KPU dengan Pemkab Bantul pada 2021 ini menindaklanjuti kerja sama dan dukungan yang diberikan dari pemerintah kabupaten dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Dukungan Pemkab Bantul di antaranya berupa dana hibah sebesar Rp24 miliar yang direalisasikan sejak tahun 2019 sampai 2021, selain itu pemkab juga memberikan dukungan personel sumber daya manusia (SDM) khususnya yang bertugas di sekretariat PPK (panitia pemilihan kecamatan) 17 kecamatan.

"Dukungan kegiatan dari masing-masing dinas dalam tahapan pemilihan juga sangat membantu KPU Bantul terutama dalam hal sosialisasi dan pendidikan pemilih," tutur Didik.

Dia mengatakan, beberapa kegiatan yang dapat ditindaklanjuti dalam kerja sama antara lain kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, perawatan arsip pemilu dan pemilihan, publikasi dan informasi pemilu dan pemilihan serta pendidikan pemilih melalui kegiatan Pemilos (Pemilihan Ketua OSIS).

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan menyambut baik terhadap kerja sama antara Pemkab Bantul dengan KPU Bantul, mengingat ada beberapa capaian yang diraih dalam pemilihan salah satunya dari sisi partisipasi pemilih memang harus dipertahankan.

"Salah satu upaya mempertahankan-nya dengan membuat kerja sama yang berkelanjutan. Tingkat partisipasi pemilih di Bantul pada Pemilihan Tahun 2020 menjadi yang tertinggi se-DIY di angka 80,32 persen," ujarnya.

Sementara itu pada Pilkada Bantul 2020, KPU Bantul menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 704.688 pemilih, terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 354.582 orang dan pemilih perempuan sebanyak 359.106 orang.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024