Kapolda: Operasi Keselamatan Progo meningkatkan kepatuhan berlalu lintas

id Apel pasukan

Kapolda: Operasi Keselamatan Progo meningkatkan kepatuhan berlalu lintas

Kapolres Bantul AKBP Ihsan melakukan penyematan pita operasi kepada perwakilan pasukan sebagai tanda telah dimulainya Operasi Keselamatan Progo 2022 di Halaman Mapolres Bantul, DIY, Selasa (1/3/2022) (Foto Humas Polres Bantul)

Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar Operasi Keselamatan Progo 2022 selama 14 hari sejak 1 sampai 14 Maret 2022 untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

"Operasi ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran lalu lintas dan meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas pada masa pandemi COVID-19," kata Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar dalam amanat yang dibacakan Kapolres Bantul AKBP Ihsan pada apel gelar pasukan di Polres Bantul, Selasa.

Menurut Kapolda, Operasi Keselamatan Progo 2022 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia selama dua minggu mulai hari ini di wilayah Jakarta ataupun wilayah penyangga. Di wilayah DIY operasi akan melibatkan 980 personel Polda DIY.

"Dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, persuasif, humanis, edukatif, dan melaksanakan publikasi tertib lalu lintas guna terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar," katanya.

Selain itu, katanya, agar dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 guna meminimalisir penyebaran COVID-19.

Kapolda dalam amanatnya menekankan kepada seluruh jajaran agar mengutamakan faktor keamanan, keselamatan petugas, pedomani standar prosedur kesehatan pencegahan, penyebaran COVID-19, dan melaksanakan kegiatan dengan menerapkan 'buddy system'.

"Persiapkan dan rencanakan setiap kegiatan dengan teliti, terukur, penuh rasa tanggung jawab serta laksanakan pengawasan, pengendalian, dan evaluasi agar tidak terjadi komplain dari masyarakat," katanya.

Kapolda menekankan jajaran agar melaksanakan dan mempublikasikan kegiatan yang positif selama operasi dan hindari tutur kata atau tindakan yang dapat merusak citra institusi Polri di masyarakat.

"Selalu jaga kesehatan dan berupaya secara mandiri untuk meningkatkan imun kesehatan tubuh," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024