BCA serahkan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi UGM

id BCA serahkan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi UGM

BCA serahkan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi UGM

BCA (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyerahkan beasiswa senilai Rp500 juta kepada mahasiswa berprestasi di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta untuk mendukung pengembangan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia di Indonesia.

Beasiswa Bakti BCA itu diserahkan secara simbolis oleh Kepala Pendukung Operasi Wilayah II BCA Tjia Irawan kepada Direktur Kemahasiswaan UGM Suharyadi di BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Yogyakarta, Rabu (22/11).

Tjia Irawan mengatakan program beasiswa Bakti BCA hadir sebagai bentuk komitmen BCA untuk mendukung pengembangan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia di Indonesia. Beasiswa itu dikembangkan sejak 1999 dan ditujukan bagi mahasiswa strata satu (S-1) yang berprestasi namun memiliki
kendala finansial.

"Beasiswa yang diterima para mahasiswa itu diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan membantu mereka menyelesaikan pendidikan," katanya.

Menurut dia, BCA pada 2017 kembali menyerahkan beasiswa kepada 16 perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia dengan nilai total Rp4,45 miliar. UGM menjadi salah satu perguruan tinggi penerima beasiswa Bakti BCA tersebut.

Pada 2016, BCA memberikan beasiswa senilai Rp4,25 miliar kepada 587 mahasiswa. Dukungan yang diberikan tidak hanya berhenti pada dukungan materiil, tetapi juga melengkapi mahasiwa dengan kemampuan "soft skill" yang dibutuhkan saat menempuh jenjang perguruan tinggi dan persiapan memasuki kerja.

Ia mengatakan BCA percaya bahwa mahasiswa berprestasi memiliki potensi luar biasa yang harus didukung pengembangannya. Mahasiswa yang ke depannya akan memasuki dunia kerja menghadapi persaingan yang ketat terutama memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN.

"Kami berharap beasiswa Bakti BCA dapat turut mendukung upaya kita bersama untuk meningkatkan daya saing serta kualitas sumber daya manusia Indonesia," kata Tjia Irawan.

Ia mengemukakan beasiswa Bakti BCA sudah memasuki tahun ke-18 dan terus mengevaluasi dana yang diberikan. Tercatat pada 2014 dana dialokasikan untuk program beasiswa Bakti BCA senilai Rp3,8 miliar dan diserahkan kepada 16 PTN.

Jumlah tersebut meningkat menjadi Rp4,1 miliar pada 2015, Rp4,25 miliar pada 2016, dan kembali ditingkatkan menjadi Rp4,45 miliar pada 2017.

Jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa pada periode tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 481 mahasiswa, 554 mahasiswa untuk tahun ajaran 2015/2016, 587 mahasiswa untuk tahun ajaran 2016/2017, dan 636 mahasiswa untuk tahun ajaran 2017/2018.

Dalam pelaksanaan program beasiswa itu, menurut dia, BCA tidak hanya sekadar memberikan dana beasiswa saja, melainkan juga akan memberikan, menambah, dan meningkatkan pengetahuan "soft skill".

"Selain itu juga memperluas wawasan melalui kegiatan seminar, pelatihan, dan mentoring agar para penerima beasiswa Bakti BCA akan lebih siap dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti," kata Tjia Irawan.

(B015)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024