Polda DIY tanam cabai untuk dukung ketahanan pangan

id Polda DIY,Polairud Congot

Polda DIY tanam cabai untuk dukung ketahanan pangan

Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar bersama jajarannya melakukan penanaman bibit cabai di Polairud Congot, Kabupaten Kulon Progo. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan penanaman ribuan bibit cabai di sekitar Pos Polairud Congot, Kabupaten Kulon Progo dalam rangka mendukung ketahanan pangan.

"Bibit cabai yang ditanam sebanyak 2,800 batang. Penanaman bibit cabai ini untuk mendukung ketahanan pangan warga sekitar," kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yulianto di Kulon Progo, Selasa.

Ia mengatakan penanaman bibit cabai ini juga untuk memanfaatkan lahan di sekitar Pos Polairud Congot, Pantai Glagah guna kepentingan warga sekitar.

"Kami ikut melaksanakan program dari pemerintah untuk memberdayakan lahan yang tidak dipakai supaya bisa bermanfaat. Harapannya, kegiatan penanaman dan pemanfaatan lahan kosong ini bisa diikuti oleh masyarakat," katanya.

Direktur Polairud Polda DIY AKBP Rudi Rifani mengatakan perawatan tanaman cabai di kawasan Pos Polairud Congot melibatkan petani setempat. Kelompok tani diajak untuk merawat tanaman itu sampai masa panen.

Menurut dia, hasil panen cabai kemudian diberikan kepada warga yang membutuhkan dan kelompok tani pengelola untuk dijual. Uang hasil penjualan cabai dapat digunakan untuk membeli bahan pangan dan kebutuhan lainnya.

"Program penanaman cabai ini merupakan program ketahanan pangan, tentunya hasil panenan kami serahkan sepenuhnya kepada warga sekitar dan kelompok tani yang sudah membantu proses penanaman hingga pemanenan," katanya.

Selain penanaman, jajaran Polda DIY juga melaksanakan bakti sosial berupa penyaluran sembako untuk warga sekitar Pos Polairud Congot yang perekonomiannya terdampak pandemi COVID-19.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar