Semua pasien di klaster COVID-19 terbesar Gunung Kidul telah sembuh

id covid gunung kidul,covid yogyakarta,penanggulangan covid

Semua pasien di klaster COVID-19 terbesar Gunung Kidul telah sembuh

Paviliun tempat karantina pasien COVID-19 di kawasan Hutan Pendidikan Wanagama UGM di Desa Banaran, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (FOTO ANTARA/HO Humas UGM)

Gunung Kidul (ANTARA) - Semua pasien dalam tiga klaster penularan COVID-19 terbesar di wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sudah sembuh menurut Dinas Kesehatan setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan seluruh pasien dalam klaster penularan COVID-19 Gadungsari, Indogrosir, dan pedagang ikan Karangmojo sudah sembuh.

"Semua pasien dari klaster besar di Gunung Kidul telah sembuh. Semoga lekas selesai secara keseluruhan," kata Dewi.

Petugas kesehatan puskesmas, ia menjelaskan, sudah bergerak cepat menelusuri riwayat kontak pasien dalam ketiga klaster penularan COVID-19 tersebut serta melakukan pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat untuk mendeteksi penularan penyakit tersebut.

"RSUD Wonosari juga secara intensif melakukan perawatan terhadap pasien. Artinya, koordinasi lintas sektoral sangat dibutuhkan untuk menekan penyebaran COVID-19. Kerja sama yang bagus kunci utama dalam pencegahan COVID-19," katanya.

“Semoga tidak ada penambahan (kasus) lagi,” ia menambahkan.

Jumlah pasien COVID-19 di Gunung Kidul total 55 orang dengan perincian 47 orang sudah sembuh, tujuh orang masih dalam perawatan, dan satu orang meninggal dunia.

"Kami tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan, memakai masker, dan tidak berkumpul dengan jumlah banyak," kata Dewi.

Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar