Indonesia Downhill Kulon Progo 2013 berlangsung meriah

id downhill Indonesia

Indonesia Downhill Kulon Progo 2013 berlangsung meriah

Kejuaraan Indonesia Downhill 2013 berlangsung di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto Disbudparpora Kulon Progo)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Kejuaraan Djarum 76 Indonesia Downhill 2013 seri 4 yang berlangsung di kawasan Waduk Sermo Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, diikuti ratusan peserta dan berlangsung meriah.

Ketua Panitia Indonesia Downhill Parama Nugroho di Kulon Progo, Minggu, mengatakan kejuaraan ini memperebutkan sebanyak 11 kelas di antaranya Men Elite, Men Expert, Men Sport, Women Elite, Women Open, Youth Junior, Master Expert A-B-C, Master A-B-C, Grand Master dan Veteran.

"Kegiatan yang berlangsung sejak Jumat (30/8) hingga Minggu (1/9). Rute Indonesia Downhill ini dari objek wisata alam Kalibiru hingga di Dusun Sidowayah di Desa Hargowilis dengan lintasan sepanjang 2.100 meter," kata Nugroho.

Ia mengatakan kejuaraan Downhill merupakan olahraga sepeda gunung yang menempuh medan menantang dari tanjakan dan turunan dari lereng pegunungan maupun perbukitan.

"Untuk kegiatan Downhill yang berlangsung di objek wisata Kaliburu dan seputaran Waduk Sermo ini, panitia menyediakan lintasan dengan kecuraman sepanjang sekitar 310 meter," kata dia.

Dia mengatakan pada kejuaraan downhill ini kelas Men Elite dimenangkan oleh Hildan Afos Katana atlet dari Polygon Factory Team.

Dengan posisi tersebut Hildan mampu mengungguli atlet dari tim Djarum 76 Khoiful Mukhib dan pemegang medali emas Sea Games, Purnomo dengan catatan waktu masing-masing tiga menit 1,269 detik dan tiga menit 3,531 detik.

Sedangkan di urutan kedua Nurwarsito (Ikabusana, Warp Apparel, Blue37, Yovin Grup, Pertamina Yogya) dengan waktu 2 menit 58,866 detik dan Yavento Ditra Pranta (Polygon Factory Team) berada diurutan ketiga 2 menit 59,368 detik.

Dia mengatakan persaingan ketat juga terjadi di kelas master expert A, selisih waktu yang capai sangat tipis.

Wawan Iblis (Freedom-Citilink-14AB-Gun2Bike-Polygon-99PS-ZZ Cycles) berada di urutan pertama mencatat waktu tiga menit 20,023 detik, sedangkan Fonda Wianta (Polygon-Kakul Bali Cycling-RMA) yang berada diurutan kedua, tiga menit 22,223 detik dan Sugianto Setiawan Hoho (United Bike Kencana) juara ketiga dengan waktu tiga menit 24,804 detik.

Di Kelas Veteran, Candra Ariavijaya dari Tim Kindah-Devinci-Seven7-Macbeth-DMS mencatat waktu tercepat tiga menit 38,61 detik, disusul Rudhanton (XTR Malang) dengan catatan waktu empat menit 3,746 detik dan Mbenk Rizky (Adrenaline Counter-EJD Surabaya) empat menit 12,796 detik.

Grand Master, Nolix Suwarno (W Wild DT Kudus), mencapai garis finis dalam waktu tiga menit 37,861 detik, sementara di pososi kedua dan ketiga diraih pembalap dari Badeur Castle Specialized atas nama Wilman Jess Sunarko dengan catat waktu tiga menit 37,861 detik Didi Arifin tiga menit 49,748 detik.

Di Kelas Women Elite, pembalap dari Tim Wim Top Gun, Risa Sueanty berhasil meraih juara pertama dengan catatan waktu tiga menit 26,038 detik, disusul Fitriyanti Riyanti (United Bike Kencana) dengan waktu tiga menit 41,132 detik dan berada di urutan ketiga atlet dari Ridemore Brothers Telkomsel, Fiqi Isnaeni mencatat waktu tiga menit 46,623 detik.

"Indonesian Downhill Djarum 76 Kejurnas 2013 seri kelima akan diadakan di Telaga Sarangan Magetan pada 4-6 Oktober 2013," kata dia.

(KR-STR)