Kemenparekraf dan OTA gaungkan pariwisata Indonesia

id pegipegi,kemenparekraf,travel

Kemenparekraf dan OTA gaungkan pariwisata Indonesia

Ilustrasi (Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerjasama dengan biro perjalanan daring (OTA) Pegipegi membangkitkan kembali industri pariwisata Indonesia dalam rangka mendorong percepatan dan pemulihan Tanah Air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan dirinya mengapresiasi kolaborasi brand-brand nasional dan internasional yang secara bersama-sama ingin memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

"Ini merupakan salah satu wujud kebersamaan dan sinergi yang harus terus ditingkatkan agar Indonesia semakin maju dan tangguh serta dapat segera bangkit dari kondisi dan situasi yang dihadapi saat ini," kata Sandiaga dikutip dari keterangan resmi, Rabu.

Kerjasama tersebut berupa co-branding dan pertukaran data yang berhubungan dengan Clean and Safe dan Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE).

Bentuk kerja sama yang akan dilakukan antara Kemenparekraf dan Pegipegi adalah dengan memberikan dukungan untuk meningkatkan wisatawan domestik dengan cara memastikan wisata tetap aman dari COVID-19 dan meningkatkan kunjungan ke destinasi super prioritas.

Perlindungan keamanan dari COVID-19 untuk konsumen dilakukan lewat fitur Clean and Safe pada aplikasi Pegipegi untuk memberikan filter bagi hotel yang memiliki fasilitas tersebut. Akomodasi yang memiliki fitur ini telah lolos uji terhadap lingkungan, kebersihan kamar, restoran & penatu, serta staf hotel yang terlatih. Tujuan dari fitur ini adalah untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dengan standar kebersihan tinggi di berbagai hotel pilihan.

Selain itu, Pegipegi mendorong agar masyarakat dapat menjelajah lebih banyak destinasi di Indonesia salah satunya adalah 5 Destinasi Super Prioritas yaitu Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, Likupang, dan Mandalika. Nantinya di aplikasi tersebut akan tersedia informasi spesifik terkait tips di 5 Destinasi Super Prioritas. 

Deputi Bidang Pemasaran Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Niscaya menjelaskan kerjasama kemitraan co-branding ini diwujudkan tidak hanya dengan menampilkan logo Wonderful Indonesia pada kemasan produk mitra co-branding, tetapi juga dengan berbagai macam program lainnya seperti aktivasi luring dan daring bersama, adanya produk khusus yang diproduksi oleh mitra, kegiatan kolaborasi bersama-sama dengan satu atau lebih mitra yang dapat saling mendukung, serta berbagi ilmu yang dimiliki oleh mitra kepada industri pariwisata agar mereka bisa semakin tumbuh dan kuat bersaing di kancah internasional.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024