Indonesia ingin maju, koperasi harus didorong

id koperasi, ekonomi kerakyatan, KUD, KemenKop UKM, indeks sosial

Indonesia ingin maju, koperasi harus didorong

Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Nunung Nuryartono dalam Sarasehan Virtual Memperingati 75 Tahun Gerakan Koperasi oleh Megawati Institute di Jakarta, Minggu. (ANTARA/ Muhammad Heriyanto)

Jakarta (ANTARA) - Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Nunung Nuryartono mengatakan Indonesia harus mendorong sistem ekonomi kerakyatan melalui koperasi apabila ingin menjadi negara maju.

"Indonesia kalau mau maju dorong koperasinya," ujar Nunung dalam Sarasehan Virtual Memperingati 75 Tahun Gerakan Koperasi oleh Megawati Institute di Jakarta, Minggu.

Nunung mengatakan persoalan di Indonesia saat ini adalah kenaikan indeks ekonomi yang terjadi tidak dibarengi dengan kenaikan indeks sosial. Ia mengatakan indeks ekonomi selama 30 tahun terakhir terus mengalami kenaikan, sedangkan, indeks sosial mengalami stagnasi.

"Indeks ekonominya bergerak, tapi indeks sosialnya tertinggal, jawabannya adalah koperasi," ujar Nunung.

Nunung mengatakan dibukanya akses terhadap koperasi akan menjadi vehicle untuk meningkatkan indeks sosial. Menurut dia, daerah di Indonesia yang memiliki koperasi memiliki peluang lebih tinggi untuk mengatasi kemiskinan daerahnya.

Dengan asas kekeluargaannya, Nunung melanjutkan koperasi dapat memperkuat modal sosial dan kepercayaan. Ia menyarankan agar koperasi yang tumbuh di Indonesia dibumbuhi dengan nilai lokal.

"Kita ini luar biasa, ada koperasi pedagang bakso, ada koperasi petani kelapa sawit yang saya juga sepakat akan ada pabriknya," ujar Nunung.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024