Empat antisipasi hadapi musim hujan

id bnpb, arahan kesiapsiagaan musim hujan

Empat antisipasi hadapi musim hujan

Tangkapan layar - Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing diikuti daring di Jakarta, Rabu (8/11/2023). ANTARA/Devi Nindy

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto memberikan empat arahan kesiapsiagaan untuk menghadapi musim hujan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu malam, menyampaikan arahan Kepala BNPB tersebut untuk empat kondisi yang harus diantisipasi.

Pertama untuk kawasan perkotaan seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, Medan Padang dan lain-lain untuk memeriksa dan pastikan pemeliharaan drainase primer, sekunder, dan tersier.

Kekeringan yang terjadi lebih dari 4 bulan, tidak menampik adanya kebiasaan masyarakat yang membuang sampah di saluran air yang kering, membuang sampah di sungai, yang menyebabkan penyumbatan saluran air dan menjadi banjir.

Sehingga BNPB mengimbau pemerintah daerah untuk memelihara dan membersihkan baik drainase bawah permukaan, drainase permukaan saluran sungai, untuk menampung air.

"Paling tidak kalau pun tidak akan bisa menghilangkan banjir, paling tidak kita harapkan itu cuma sebatas genangan yang dalam waktu tidak selama 3-6 jam itu bisa hilang," ujar dia.

Kedua adalah kawasan perbukitan, sebab kering dalam waktu lama menyebabkan permukaan tanah itu retak-retak sudah sangat lama tidak diguyur hujan.

Abdul mengatakan BNPB menerima laporan terjadinya banjir dari kawasan perbukitan di Bogor, Jawa Barat, di enam titik.

"Yang diwaspadai Jawa bagian tengah ke selatan, di mana topografinya itu, dan untuk kondisi seperti ini, yang perlu kita waspadai adalah Jawa bagian tengah ke selatan di mana topografinya itu sudah perbukitan," ujar dia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kepala BNPB berikan empat arahan kesiapsiagaan di musim hujan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024