Sleman luncurkan inovasi Sikat TB dan ILKP pada peringatan HKN

id Peringatan HKN Sleman ,Inovasi Sikat TB ,Bupati Sleman ,Dinkes Sleman ,Kabupaten Sleman

Sleman luncurkan inovasi Sikat TB dan ILKP pada peringatan HKN

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meluncurkan Inovasi Sikat TB (Tuberkulosis) dan Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILKP) bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, Kamis (23/11/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan Inovasi Sikat TB (Tuberkulosis) dan Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILKP) bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di daerah tersebut, Kamis.

Peluncuran inovasi tersebut dilakukan oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Kustini menyampaikan apresiasi terhadap peluncuran Inovasi TB dan Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILKP) pada peringatan HKN ke-59.

Menurut dia, kehadiran inovasi tersebut menjadi wujud komitmen dan kesungguhan bersama dalam memberantas Tuberkulosis di Sleman dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat setempat.

"Tentunya kita semua berharap agar strategi dan upaya eliminasi Tuberkulosis melalui Sikat TB ini dapat memberikan manfaat yang optimal. Terlebih lagi Indonesia memiliki target untuk eliminasi TBC di Tahun 2030. Saya berharap Program Sikat TB ini dapat lebih menjamin akses pelayanan serta menjangkau keluarga rentan kurang mampu," katanya.

Ia mengatakan adanya Integrasi Layanan Kesehatan Primer membantu pemerintah dalam melakukan transformasi kesehatan. Pada hal ini difokuskan pada pemenuhan kebutuhan kesehatan berdasarkan siklus hidup yang mudah diakses dan terjangkau sampai pada tingkat masyarakat, keluarga dan individu.

"Melalui momen peringatan Hari Kesehatan Nasional ini saya mengajak seluruh kader kesehatan, masyarakat, tenaga kesehatan dan seluruh pihak yang terkait dengan layanan kesehatan untuk bersama-sama menguatkan komitmen dan upaya-upaya meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat Sleman," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Cahya Purnama mengatakan peringatan HKN 2023 mengusung tema "Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju".

"Tema ini diusung sebagai momen untuk melakukan reformasi bidang kesehatan atau yang dikenal dengan enam pilar transformasi kesehatan," katanya.

Ia mengatakan keenam pilar tersebut meliputi transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

Ia mengatakan bahwa dibutuhkan dukungan berbagai pihak untuk mengoptimalkan dampak pelaksanaan enam pilar transformasi kesehatan.

"Enam pilar transformasi kesehatan tersebut dapat ditegakkan untuk perubahan yang lebih baik apabila ada kolaborasi yang erat dan sinergi yang kuat antar-OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait dari tingkat pusat sampai dengan wilayah dan seluruh elemen masyarakat, tentunya juga didukung transformasi budaya kerja para insan kesehatan," katanya.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024