Terjadi kelaparan di Gaza

id Palestina,PBB,Jalur Gaza,kelaparan,Israel

Terjadi kelaparan di Gaza

Pengungsi Palestina di tengah api unggun di tempat penampungan sementara di kota Rafah, Jalur Gaza selatan, pada 18 Desember 2023. (ANTARA/Xinhua/Yasser Qudih)

Ramallah (ANTARA) - Palestina pada Selasa waktu setempat mendesak PBB untuk secara resmi mengumumkan bencana kelaparan di Jalur Gaza yang masih menghadapi gempuran Israel sejak 7 Oktober.

"Laporan internasional menunjukkan meluasnya kelaparan di kalangan keluarga Palestina yang melewati hari-harinya tanpa makanan," demikian menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Palestina.

"Lebih dari satu juta orang di Gaza kelaparan," lanjufnya.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres sebelumnya mengatakan empat dari lima orang yang paling kelaparan di seluruh dunia berada di Gaza.

“Sekitar 1,9 juta pengungsi berlindung di pusat penampungan dan mengalami kelaparan parah. Sebanyak 50.000 ibu hamil juga berada di fasilitas tersebut tanpa air, obat-obatan atau layanan kesehatan,” kata kementerian.
Baca juga: Israel dikecam karena gunakan kelaparan sebagai senjata perang di Gaza

Pasukan Israel meluncurkan operasi militer besar-besaran di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh Hamas 7 Oktober.

Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Palestina desak PBB umumkan bencana kelaparan di Gaza
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024