Gembira Loka Zoo pasang pohon angpao

id gembira loka

Gembira Loka Zoo pasang pohon angpao

Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka (Foto ANTARA/Sidik)

Jogja (Antara Jogja) - Objek wisata Gembira Loka Zoo Yogyakarta memasang sebuah "pohon angpao" di pintu masuk kebun binatang itu untuk ikut memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek, Minggu.

Dari pemantauan di Gembira Loka Zoo, sebuah "pohon angpao" dipasangi sejumah amplop merah, yang masing-masing berisi tiket wahana permainan, di antaranya speedboat, perahu katamaran, dan angkutan keliling (taring).

"Pemasangan `pohon angpao` ini untuk menciptakan suasana Imlek agar terasa lebih kental. Pohon itu dikhususkan bagi pengunjung usia anak-anak, dengan harapan agar memberikan semangat kegembiraan di tahun baru China ini," kata staf humas Gembira Loka Zoo Yogyakarta Bambang Sugiarto.

Selain "pohon angpao", kata dia, pengunjung juga disuguhi atraksi dua ekor ular sanca koleksi Gembira Loka Zoo, sehingga pengunjung yang biasanya berinteraksi dengan ular di area reptile, dapat langsung menemui reptile eksotis, begitu memasuki area kebun binatang setempat.

"Dipilihnya satwa ular, karena Imlek tahun ini merupakan awal dari dimulainya tahun ber-shio ular," katanya.

Ia menyebutkan dua ekor ular sanca itu bernama Bobby dan Bicil yang memiliki perilaku tenang, dan tidak agresif. "Berulang kali dua ekor ular ini menjadi objek foto para pengunjung," katanya.

Sebelumnya, Gembira Loka Zoo menggelar upacara tradisional `selamatan` dengan acara potong nasi tumpeng di samping kandang gajah pada Jumat (8/2) sore.

Menurut Kabid Perawatan Satwa Gembira Loka Zoo, Miftah, acara tersebut diprakarsai Manager Operasional BPH Hario Danardono, dan dihadiri para kabid serta kanit Gembira Loka Zoo.

"Kegiatan ini dimaksudkan agar satwa koleksi kebun binatang setempat selalu dalam keadaan sehat, serta para karyawannya selalu diberi keselamatan," katanya.

Ia mengatakan upacara yang diselenggarakan untuk pertama kalinya itu, bakal digelar rutin setiap tahun.

Usai dipanjatkan doa, sesaji berupa buah-buahan di antaranya kelapa dan pisang, diberikan untuk dimakan satwa di kebun binatang setempat.

"Gembira Loka Zoo Yogyakarta saat ini memiliki koleksi sekitar 1.000 ekor satwa berbagai jenis, dan pada Mei mendatang koleksi satwanya akan bertambah, dengan hadirnya taman burung yang sekarang masih dalam tahap pembangunan," katanya.

(H008)