Saat cuaca panas, masyarakat perbanyak konsumsi buah

id asupan gizi seimbang,cuaca panas,manfaat membawa bekal

Saat cuaca panas, masyarakat perbanyak konsumsi buah

Ilustrasi makanan bergizi (Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menganjurkan masyarakat untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan selama cuaca panas akibat El Nino guna menjaga asupan cairan tubuh tetap terjaga selama beraktivitas di luar rumah.

“Terutama saat menghadapi cuaca panas saat ini, konsumsi makanan yang dianjurkan adalah buah sebagai sumber cairan,” kata Ahli Gizi RSCM Fitri Hudayani kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Fitri menuturkan kandungan dalam buah bisa melengkapi kebutuhan cairan tubuh, selain mengandalkan vitamin maupun mineral agar tetap seimbang dan sehat.

Hal itu disebabkan karena buah-buahan menjadi bahan makanan yang mengandung sumber karbohidrat, yang menghasilkan energi. Di mana setiap satu gram karbohidrat sama dengan empat Kkal.

“Buah-buahan juga tidak mengandung lemak dan protein (jadi dapat membuat cairan tubuh terjaga),” katanya.

Selain itu, diharapkan masyarakat dapat menghindari minuman yang meningkatkan energi berlebih, misalnya minuman yang tinggi gula, susu ataupun krim.

Meski airnya tidak menimbulkan dampak negatif apapun pada tubuh manusia ketika cuaca panas, kandungan di dalam cairan itulah yang akan meningkatkan risiko kelebihan asupan gula dan lemak.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ahli gizi anjurkan masyarakat perbanyak konsumsi buah saat cuaca panas

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024