AMIN optimistis masuk putaran kedua Pilpres 2024

id PKB,Pilpres 2024,Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar,pilpres dua putaran

AMIN optimistis masuk putaran kedua Pilpres 2024

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/10/2023). (ANTARA/Melalusa Susthira K.)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda optimistis bahwa pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) akan masuk dalam putaran kedua Pilpres 2024.

"Saya pastikan pasangan AMIN akan maju dalam putaran kedua," kata Syaiful ditemui usai diskusi bertajuk "Peran DPR Kawal Tahapan Pemilu Usai Pendaftaran Capres” di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Dia meyakini bahwa Pilpres 2024 yang diikuti oleh tiga pasangan bakal capres-cawapres akan berlangsung dalam dua putaran.

"Saya kira perlu dipastikan dalam konteks konfigurasi yang semacam ini, saya kira kita semua sudah bisa membaca potensi untuk dua putaran pasti terjadi," ucapnya.

Sebab, kata dia, elektabilitas tiga pasangan bakal capres-cawapres yang mendaftar sebagai peserta Pilpres 2024 belum ada yang menjangkau di atas 50 persen.



"Tidak ada satu pun lembaga survei yang hasil survei-nya mengkonfirmasi ada kandidat tertentu yang elektabilitasnya lebih dari 51 persen. Hal ini bahkan masih di bawah 40 persen. Itu artinya persaingan masih ketat, dan distribusi suara juga pasti tidak memenuhi 51 persen jumlah provinsi kita," tuturnya.

Untuk itu, dia menyebut publik patut mewaspadai apabila ada upaya intervensi agar Pilpres 2024 hanya berlangsung dalam satu putaran.

"Karena itu kalau dalam masa kampanye, masa tenang, ada agenda di mana mendorong proses ini hanya satu putaran, saya kira perlu dipertanyakan," ujarnya.

Syaiful lantas mengimbau publik agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 dan ikut mengawal pula suara yang disumbangkannya tersebut.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wasekjen PKB optimistis AMIN masuk putaran kedua Pilpres 2024
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024