Produksi cengkih Kulon Progo turun

id Cengkih di kalibawang

Produksi cengkih Kulon Progo turun

Petani cengkig Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, menjemur cengkih hasil panen. (Foto ANTARA/Mamiek)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Produksi cengkih di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menurun hingga 70 persen disebabkan oleh anomali cuaca.

Pengepul cengkih Kecamatan Pengasih Riswanto di Kulon Progo, Senin, mengatakan produksi cengkih di empat kecamatan yakni Kokap, Pengasih, Kalibawang, dan Samigaluh menurun hingga 70 persen.

"Pada 2012, saya dapat membeli cengkih dari petani di empat kecamatan ini sebanyak delapan hingga 10 kuintal cengkih basah setiap hari. Tapi sekarang, saya beli dari petani paling banyak dua kuintal per hari," kata Riswanto.

Ia mengatakan, harga cengkih ditingkat petani juga tidak stabil. Satu minggu lalu, harga cengkih basah berkisar Rp50 ribu hingga Rp55 ribu per kg, sekarang hanya berkisar Rp40 ribu per kg. Untuk cengkih kering, saat ini berkisar Rp130 ribu per kg. Untuk setiap 3,1 kg cengkih basah menjadi 1 kg cengkih kering.

"Cengkih di Kulon Progo sejak Gunung Merapi meletus, kualitasnya menurun. Tingkat produksi juga menurun, bahkan harganya juga mengalami penurunan. Hal ini ditambah dengan anomali cuaca menyebabkan cengkih Kulon Progo mengalami penurunan mulai dari mutu, tingkat produksi dan harga," katanya.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertan) Kulon Progo, Muhammad Aris Nugraha mengatakan luasan lahan cengkih di Kulon Progo saat ini mencapai 2.701 hektare. Pada 2012, ada bantuan perluasan lahan 340 hektare menjadi 3.042 hektare.

Untuk mendukung perluasan lahan cengkih, kata Aris, pemerintah pusat melalui Kementerian Kehutanan memberikan bantuan berupa bibit cengkih sebanyak 11.500 batang, pupuk organik bersubsidi sebesar 340 ton, pupuk NPK sebanyak 71,25 ton, terpal sebanyak 153 buah dan pompa air sebanyak empat unit.

"Bantuan dari Kementerian Kehutanan diharapkan mampu meningkatkan produktivitas tanaman cengkih di Kulon Progo," katanya.

Ia mengatakan, harga cengkih dipasaran setiap tahunnya mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya permintaan cengkih dari perusahaan rokok baik dalam dan luar negeri. sehingga menyebabkan harga cengkih terus melambung.

"kami mengimbau petani untuk tidak tergesa-gesa menjual cengkih. Harga cengkih akan terus mengalami kenaikan. Sebab, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan cengkih," kata dia.

(KR-STR)