Kowani diapresiasi Wapres karena bantu penurunan stunting

id Wapres Ma'ruf Amin,stunting

Kowani diapresiasi Wapres karena bantu penurunan stunting

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat menerima audiensi Pengurus Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dan Pita Putih Indonesia (PPI) di kediaman resmi Wapres, Jakarta, Selasa (3/1/2023). ANTARA/HO-BPMI Setwapres

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengapresiasi kiprah Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dalam memajukan kaum perempuan dan anak Indonesia, termasuk membantu menangani penurunan dan pencegahan stunting.

"Pemerintah menjadikan stunting ini sebagai salah satu program prioritas karena ini menyangkut soal sumber daya manusia ke depan,” kata Wapres saat menerima audiensi Pengurus Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dan Pita Putih Indonesia (PPI) di kediaman resmi Wapres, Jakarta, Selasa, sebagaimana siaran pers yang diterima.  

Wapres menekankan apabila masalah stunting tidak ditangani, maka akan tumbuh generasi yang tidak sehat dan tidak memiliki daya saing. Sehingga pemerintah memiliki target agar pada tahun 2024 angka stunting dapat menjadi 14 persen.

Menurut Wapres, saat ini angka stunting masih sekitar 21,52 persen atau hanya turun 2,9 persen dibandingkan tahun 2021 yang sebesar 24,4 persen. Sehingga untuk mencapai target 14 persen di tahun 2024 perlu ada upaya percepatan yang perlu didukung berbagai pihak, termasuk Kowani.  

“Terutama langkah yang harus dilakukan adalah mengefektifkan peran daripada Tim Percepatan Penurunan Stunting yang ada di (tingkat) pusat, provinsi, dan (terutama) kabupaten/kota,” tuturnya.

Wapres mengatakan, salah satu daerah yang dinilai berhasil menangani stunting dengan baik adalah Kabupaten Sumedang di Jawa Barat, yakni dengan cara menggerakkan posyandu.

Kader posyandu di Kabupaten Sumedang bisa menghasilkan 9.000 penggerak penurunan stunting yang didominasi perempuan.

Wapres meminta Kowani dan PPI juga mendorong munculnya para penggerak penurunan stunting di daerah-daerah untuk membantu memberikan edukasi kepada masyarakat terkait program intervensi spesifik dan intervensi sensitif dalam upaya penanganan stunting.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres Ma'ruf apresiasi kiprah Kowani bantu penurunan stunting
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024