Cadangan elpiji tiga kilogram di Bantul sebanyak 743.333 tabung

id Tabung elpiji ,Stok gas Ramadhan ,Kebutuhan pokok jelang lebaran

Cadangan elpiji tiga kilogram di Bantul sebanyak 743.333 tabung

Stok elpiji tiga kilogram melimpah (Antara Foto/dokumen)

Bantul (ANTARA) - Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyebut bahwa daerah ini memiliki cadangan elpiji dalam tabung ukuran tiga kilogram sebanyak 743.333 tabung.

"Kami jamin tak ada kelangkaan tabung elpiji tiga kilogram di bulan puasa ini, karena kita masih punya cadangan sebesar 2.230 matrik ton atau 743.333 tabung," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul Agus Sulistiyana di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, karena masih punya cadangan elpiji tiga kilogram itu, maka pemerintah daerah belum akan mengajukan tambahan alokasi ke Pertamina selama puasa hingga menghadapi Lebaran 2023, dikarenakan ketersediaan di agen elpiji se-Bantul melimpah.

Baca juga: Sleman jamin stok BBM dan elpiji selama puasa hingga Lebaran

"Karena kondisinya saat ini banyak banget di Bantul, saya mungkin tidak akan minta tambahan, saat rapat-rapat lalu kami memang didorong untuk mengusulkan tambahan, tapi sampai saat ini kami belum mengajukan, karena stok masih cukup, tersedia banyak," katanya.

Dia menyebutkan, jumlah agen elpiji resmi dari Pertamina yang tersebar di 17 kecamatan se-Bantul pada tahun ini sebanyak 23 agen, jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding tahun lalu yang masih sebanyak 17 agen.

Menurut dia, bertambahnya agen elpiji di Bantul tersebut yang mempengaruhi ketersediaan barang bersubsidi tersebut bertambah atau melimpah di pasaran, sehingga meskipun permintaan gas di bulan puasa bertambah, kebutuhan tetap tercukupi.

"Pada bulan puasa, dan mau Idul Fitri itu kan banyak UKM-UKM muncul, tentunya membutuhkan gas, tapi sekali lagi karena jumlah agen di Bantul bertambah cukup pesat, dari 17 di tahun 2022 menjadi 23 di awal tahun ini, sangat mempengaruhi bertambahnya jumlah tabung gas," katanya.

Dia mengatakan, bertambahnya agen elpiji resmi tersebut juga berdasarkan izin dari Pertamina, bukan kewenangan pemerintah kabupaten.

Lebih lanjut dia mengatakan, kuota elpiji tiga kilogram tahun 2023 di Kabupaten Bantul sebanyak 33.390 matrik ton atau setara dengan 11,1 juta tabung, dengan cadangan 2.230 matrik ton.

"Rata-rata penyaluran elpiji tiga kilogram setiap bulan sekitar 800 ribu sampai 900 ribu tabung. Kalau dibagi satu bulan 30 hari, berarti penyaluran setiap hari di Bantul sekitar 26 ribu sampai 30 ribu tabung," katanya.