Pengelola wisata agar utamakan keselamatan pengunjung

id Pemkab Batang, keselamatan pengunjung

Pengelola wisata agar utamakan keselamatan pengunjung

Para pengunjung wisata sedang menikmati keindahan pantai dan kebun binatang di Safari Beach Jateng, Kabupaten Batang. (ANTARA/Kutnadi)

Batang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengingatkan para pengelola objek wisata setempat untuk mengantisipasi keselamatan para pengunjung yang sedang menikmati masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di objek wisata.

"Kami sudah mengeluarkan surat edaran antisipasi kegiatan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sesuai standar operasional prosedur pada pengelola objek wisata agar dapat memperhatikan keselamatan para pengunjung," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Batang Yarsono di Batang, Selasa.

Menurut dia, memasuki masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dipastikan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di daerah.

Sejumlah objek wisata yang menjadi andalan kunjungan wisatawan seperti Pantai Sigandu, Safari Beach Jateng, wisata alam Sikembang, Pantai Cemoro Sewu, Curug Gombong, Agrowisata Pagilaran, dan Kolam Renang Bandar.

"Oleh karena itu, kami mengimbau pengunjung yang sedang berwisata di pantai agar waspada dengan ombak. Demikian pula, bagi pengunjung yang sedang menikmati berlibur di objek wisata alam agar waspada kemungkinan terjadi  longsor," katanya.

Terkait dengan pencapaian Pendapatan Asli Daerah 2023 dari sektor pariwisata, Yarsono menyebutkan hingga per November 2023 sudah mencapai lebih dari Rp2 miliar dari target yang ditetapkan Rp3,449 miliar.